Sukses

Tertarik Budaya Jawa, Pria Tajikistan Rela Belajar hingga Boyolali

Pria asal Tajikistan ini bahkan harus melewati tiga negara untuk bisa mengikuti program belajar budaya Jawa yang diselenggarakan Universitas Indonesia.

Boyolali - Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China.

Mirza Amir, pria asal Tajikistan ini rela menjelajah dunia untuk menuntut ilmu. Namun, bukan ke China, lelaki 32 tahun berlabuh ke Indonesia. 

Informasi yang dihimpun Solopos.com, demi belajar budaya Jawa, laki-laki yang sudah berkeluarga dan sehari-hari berwiraswasta sebagai pembuat tas kertas di negaranya itu, rela menempuh perjalanan jauh melintasi banyak negara.

Tak tanggung-tanggung, Mirza menghabiskan tiga hari tiga malam di perjalanan demi sampai di Boyolali. Mirza merupakan salah satu peserta/siswa kelas perdana Pawiyatan Budi Rahayu School of Javanese Culture yang digagas Universitas Indonesia (UI) sebagai sekolah khusus budaya Jawa.

Sekolah itu baru dibuka Selasa, 31 Juli 2018 di Senden, Kecamatan Selo, Boyolali. Kelas perdana diikuti 39 peserta, 12 peserta di antaranya berasal dari mancanegara termasuk Mirza.

"Saya terbang dari Tajikistan ke Usbekistan lalu ke Khazakstan dan seharusnya lanjut ke Malaysia. Tapi sampai Khazakstan saya terlambat 11 jam sehingga tiket pesawat saya hangus dan saya harus beli tiket baru ke Malaysia lalu baru ke Jakarta. Total saya tiga hari perjalanan sampai ke sini," ujar Mirza yang akrab disapa Mack ini di sela-sela waktu istirahat sekolah.

Semuanya ini dia anggap sebagai bagian dari perjalanan yang menyenangkan agar bisa belajar budaya Jawa yang berbeda dibandingkan budaya di negara asalnya.

"Saya memang ingin sekali mengetahui budaya yang berbeda dibandingkan dengan di negara saya atau negara di sekitar saya," imbuhnya.

Saat ditanya kesan mengenai bahasa Jawa yang sedang dipelajarinya pada hari pertama sekolah, Mack mengaku kesulitan melafalkan dan mengingatnya.

"Susah banget ngomong Jawa buat saya. Kata-katanya sangat panjang. Lidah saya susah beradaptasi, lebih mudah belajar bahasa China," ujarnya berkelakar.

Meski demikian, Mack mengaku akan tetap berusaha, termasuk berusaha mempelajari seni dan budaya Jawa.

Sementara itu, salah satu peserta lain asal Filipina, Nathan (22) mengatakan sebenarnya budaya Indonesia mirip dengan budaya negaranya.

Oleh karena itu, ia tidak terlalu sulit mengenal budaya Jawa. Namun lebih dari itu, tujuan lain Nathan belajar budaya Jawa adalah mencari teman baru dan rumah kedua.

"Budaya Filipina tidak beda jauh berbeda dengan Indonesia. Bahkan, kami sulit membedakan apakah kita orang Indonesia atau Filipina karena kita punya banyak sekali kesamaan. Tapi saya ingin mencari teman baru dan rumah kedua bagi saya dan di sini ini sangat bagus," ujar mahasiswa ini.

 

Baca berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.