Siswa di Pandeglang Mengenal Komputer untuk Persiapan UNBK

Oleh Liputan6.com pada 01 Agu 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 03 Agu 2018, 17:13 WIB
Pelatihan Komputer UNBK

Liputan6.com, Pandeglang - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah diterapkan sejak 2016 lalu, namun hingga kini sejumlah sekolah masih mengalami keterbatasan. Banyak siswa dari sekolah yang harus menghadapi UNBK tanpa pernah mengenal atau menggunakan komputer sebelumnya.

Untuk itu sejumlah relawan dari Yayasan Bangun Sekolah mengadakan pelatihan pengenalan komputer kepada siswa-siswi SMP Insan Muda Mulia kelas VII, VIII dan IX, di Pandeglang, Banten. Pelatihannya pada Sabtu 28 Juli 2018.

Lokasi ini dipilih karena berdasarkan data Kemendikbud tahun 2016, Banten merupakan 1 dari 10 daerah dengan fasilitas sekolah tidak memadai se-Indonesia dan titik beratnya ada di Kabupaten Pandeglang. Benar saja, sekitar 70 siswa yang mengikuti pelatihan ini mengaku belum pernah menggunakan komputer sebelumnya.

Mereka merasa senang dan antusias karena ini merupakan pertama kalinya mereka menggunakan komputer. Seperti yang disampaikan Opik (13 tahun) salah satu peserta pelatihan. "Senang sekali, ini baru pertama kali pegang komputer, biasanya cuma liat aja di TV."

Berbagai materi terkait komputer diberikan kepada para siswa. "Materi yang diberikan berupa pengenalan dasar komputer termasuk penggunakan Microsoft Office dan simulasi UNBK," tutur Maria Harfanti, Founder Yayasan Bangun Sekolah.

Diharapkan pelatihan ini dapat membuat para siswa lebih familiar dengan sistem ujian berbasih komputer sehingga dapat sukses pada Ujian Nasional tahun depan. (Maya Rachmawaty / SCTV)