Sukses

Rumah Sakit di Teluk Keramat Mulai Beroperasi Tahun Depan

Rumah Sakit di Teluk Keramat memiliki fasilitas lengkap sesuai standar.

Liputan6.com, Sambas - Pemerintah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, membangun rumah sakit pratama di Teluk Keramat untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di beberapa kecamatan. Rumah sakit itu dibangun di Desa Puringan, Kecamatan Teluk Keramat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Fatah Maryunani, mengatakan selama ini masyarakat di beberapa desa daerah tersebut hanya mengandalankan pelayanan kesehatan di Sekura.

"Karenanya pasien yang dirujuk biasanya terkendala faktor penyeberangan apalagi pada tengah malam," katanya, dilansir Antara, Sabtu 28 Juli 2018.

Dia mengatakan pihakya mentargetkan pengurangan angka kematian ibu dan bayi karena selama ini di sana banyak kasus keterlambatan ke rumah sakit rujukan. "Mudah-mudahan dengan adanya rumah sakit di sana, hal itu bisa dihindari," katanya.

Menurut Fatah, di rumah sakit pratama tidak ada kelas, tetapi fasilitas pelayanannya tidak berbeda dengan di rumah sakit daerah. Pembangunan rumah sakit tersebut mengacu pada Perpres, fasilitasnya lengkap mulai dari poli umum, bangsal bedah, bangsal anak, dan lain sebagainya.

"Pokoknya lengkap seperti rumah sakit daerah, cuma tempat tidurnya hanya 50 unit, nonkelas, luas bangunan disiapkan lima hektare untukn gedung, halaman dan taman. Tahun depan sudah operasional setelah itu kami perluas," jelasnya.

Ditargetkan pembangunan rumah sakit ini selesai tahun ini dan mulai dioperasikan awal Juli Pembangunan rumah sakit tersebut dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi. Jumlah total sebesar Rp46 miliar. Sebanyak Rp14 miliar untuk alat kesehatan dan sisanya untuk pembangunan fisik.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.