Sukses

Puluhan Ayam Mati Kaku Secara Misterius di Banyuwangi

Sebelum mati, tidak ditemukan adanya tanda-tanda atau gejala aneh pada tubuh ayam.

Banyuwangi - Tanpa sebab yang jelas, puluhan ternak unggas, khususnya ayam milik warga Dusun Mangli RT 05 RW 01, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur, mati mendadak.

"Kurang lebih ada sekitar 15 ekor ayam yang mati secara mendadak. Bahkan, beberapa entog juga mati. Kondisi ini sudah berlangsung beberapa hari," ujar Galih, salah satu pemilik ternak kepada TIMESIndonesia, Kamis (26/7/2018).

Menurut Galih, ayam-ayam tersebut mati secara aneh dan misterius. Ayam langsung mati dalam kondisi kaku meski tidak ada kelainan.

"Padahal, sebelumnya itu sempat lari-lari lo, lha kok tiba-tiba berhenti langsung mati kaku. Ini, kan, aneh," ungkap Galih.

Galih menambahkan, sebelum mati tidak ditemukan adanya tanda-tanda atau gejala aneh pada tubuh ayam.

"Enggak ada tanda aneh atau gejala apa pun. Malam tidur, paginya mati, kadang pagi dikasih makan lalu siangnya mati. Macem-macem-lah waktunya," jelas Galih.

Warga lainnya mengaku kondisi yang demikian terjadi sejak beberapa hari terakhir. Warga khawatir penyakit yang menyerang ternak miliknya akan menular ke ayam lain.

"Sudah lebih dari dua hari ini ayam banyak yang mati. Kami takut kalau penyakit misterius ini menyebar luas dan mengakibatkan ayam jadi mati semua," ucap Handoko, warga lain.

Oleh warga, bangkai ayam mati secara mendadak tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dikubur dan dibakar. Hingga saat ini, belum ada upaya penanganan dari pemerintah daerah Banyuwangi atas peristiwa ini.

 

Baca berita menarik lainnya dari Times Indonesia di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.