Sukses

Pelaku Pembakaran Kantor Mandiri Tunas Finance Ditangkap Saat Bersembunyi di Dalam Mobil Warga

Saat disambangi di rumahnya, pelaku pembakaran kantor Mandiri Tunas Finance di Medan tidak ditemukan.

Liputan6.com, Medan - Tidak butuh waktu lama bagi pihak kepolisian mengejar dan menangkap pelaku pembakaran kantor Mandiri Tunas Finance yang berada di Jalan Ringroad, Pasar II, Lingkungan IX, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara.

Kapolsek Sunggal Kompol Yasir Ahmadi mengatakan, pelaku yang diketahui bernama Yos Agus Lumbanbatu diamankan pihaknya pada Jumat, 20 Juli 2018, sekitar pukul 23.30 WIB.

"Kita sempat mendatangi rumah pelaku di Jalan Masjid Taufik, Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Medan Perjuangan. Kita bertanya kepada pihak keluarga, namun keberadaan pelaku tidak diketahui," kata Yasir, Sabtu (21/7/2018).

Setelah dari rumah keluarga pelaku, petugas kembali melakukan pencarian terhadap Yos. Hingga akhirnya saat berada di tengah jalan, petugas mendapati pelaku sedang berada di dalam sebuah mobil Colt Diesel milik warga.

"Pemilik mobil tidak mengenal pelaku, hanya karena kasihan, pengemudi mobil itu menolongnya untuk mengantarkan ke rumah sakit," ucap Yasir.

Setelah mengamankan pelaku pembakaran, petugas kemudian melarikannya ke rumah sakit terdekat. Sebab saat diamankan, kondisi pelaku sangat memprihatinkan karena turut mengalami luka bakar hampir 60 persen.

"Pelaku kita bawa ke rumah sakit karena posisinya dalam keadaan luka bakar dan perlu mendapat perawatan. Setelah itu baru kita lakukan pemeriksaan," ungkap Yasir.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Pembakaran

Sebelumnya, Kantor Mandiri Tunas Finance di Jalan Ringroad, Pasar II, Lingkungan IX, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara terbakar. Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat ulah nasabah.

 

Pihak Mandiri Tunas Finance langsung memberikan pernyataan terkait dugaan nasabah mereka yang melakukan aksi pembakaran. Legal PT Mandiri Tunas Finance, Roni Masa Damanik menyampaikan, aksi tersebut merupakan percobaan pembakaran.

"Itu, nasabah, diketahui bernama Agus Lumbanbatu, warga Jalan Masjid Taufiq," ucap Roni.

Sebelum peristiwa terjadi, nasabah tersebut mendatangi kantor karena adanya persoalan terkait penarikan mobil yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh pihak Mandiri Tunas Finance.

"Dia marah-marah, langsung bawa bensin, dan menyulut pakai mancis yang disiapkan. Api langsung nyambar," terangnya.

Roni menjelaskan, proses penarikan mobil nasabah tersebut dilakukan beberapa waktu lalu, dan mobil sudah dilelang. Penarikan dilakukan karena adanya tunggakan dari nasabah, tetapi ia tidak merinci lamanya tunggakan.

"Nunggak beberapa bulan. Belum kita ketahui dan sudah dilelang," jelasnya.

Dalam peristiwa tersebut, tiga karyawan yang bekerja di Kantor Mandiri Tunas Finance menjadi korban, mengalami luka bakar dan mereka langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

"Sudah (korban) kita bawa ke rumah sakit. Peristiwa ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," Roni menandaskan. Dalam peristiwa ini, pihak kepolisian masih mencari pelaku pembakaran tersebut. Karena usai kejadian, pelaku langsung melarikan diri.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.