Dua Kapal Tabrakan di Selat Wawonii, 1 Orang Tewas

Oleh Ahmad Akbar Fua pada 21 Jul 2018, 19:02 WIB
Diperbarui 21 Jul 2018, 19:02 WIB
Dua Kapal Bertabrakan di Selat Wawonii, Satu Terbelah dan Tenggelam
Perbesar
Lokasi tenggelamnya kapal angkutan KM Bunga Melati yang bertabrakan dengan tugboat Buana Express, saat dipantau tim SAR Kendari, Sabtu (21/7/2018). (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Liputan6.com, Konawe Kepulauan - Dua kapal bertabrakan terjadi di Selat Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara, Kamis, 19 Juli 2018, sekitar pukul 21.00 Wita. Keduanya kapal itu adalah Tug Boat Buana Express 10 yang menggandeng Kapal Tongkang Golden Way 3310 dan KM Bunga Melati 79.

Informasi yang dihimpun dari warga, KM Bunga Melati menabrak kapal tugboat yang menggandeng kapal tongkang. KM Bunga Melati mengangkut 17 orang penumpang, sementara tugboat mengangkut 10 orang kru.

Saat terjadi tabrakan, penumpang mendengar bunyi keras pada bagian depan kapal. Setelah itu, kapal mulai karam perlahan dan tenggelam ke dasar lautan.

Ketika itu, sejumlah awak kapal KM Bunga Melati langsung panik dan berhamburan. Penumpang yang ada di atas kapal lalu berusaha menyelamatkan diri ke kapal tugboat yang ditabrak.

"Kapal saat ini belum bisa ditemukan, saat ini kami sudah berada di lokasi kecelakaan," ujar Humas SAR Kendari, Wahyudi, Sabtu (21/7/2018).

Kata Wahyudi, sebanyak 16 orang penumpang KM Bunga Melati berhasil diselamatkan. Ada 12 orang dievakuasi tugboat yang ditabrak, sementara sebanyak 4 orang lainnya sudah dibawa ke Kendari dan Morosi.

"Ada 1 orang awak kapal Bunga Melati hilang. Atas nama Fattahul Fiqo, dia ditemukan siang ini oleh tim SAR bekerjasama bersama dengan nelayan dalam kondisi tewas," ujar Kepala KSOP Kelas II Kendari, Fitrayadi.

 

Simak video pilihan berikut ini: