Pesona Dian Sastro dan Kharisma Obor Asian Games 2018

Oleh Fajar Abrori pada 20 Jul 2018, 06:30 WIB
Diperbarui 20 Jul 2018, 06:30 WIB
Kirab Obor Api Asian Games
Perbesar
Wali Kota Solo menerima obor api Asian Games 2018 untuk selanjutnya diarak keliling Solo, Kamis (19/7).(Liputam6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Torch Relay atau Kirab Obor Asian Games digelar di Solo, Kamis, 19 Juli 2018. Artis dan bintang film, Dian Satrowardoyo didaulat menjadi salah satu yang bertugas membawa obor Asian Games 2018.

Kota kedua yang menjadi persinggahan Kirab Obor Asian Games 2018 adalah Solo. Setelah sempat diinapkan di Yogyakarta, obor api tersebut langsung dikirab di Kota Solo.

Obor Asian Games tiba di Solo sekitar pukul 12.40 WIB alias molor dari rencana semula yang dijadwalkan pukul 11.00 WIB. Iring-iringan rombongan obor disambut kesenian tradisional Lembu Suro.

Obor Asian Games diserahkan kepada Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo tepat di gerbang masuk Kota Solo di Gapura Makutho. Selanjutnya api yang awalnya dimasukkan ke dalam box berwarna keemasan langsung disulut ke dalam obor.

Setelah obor tersebut dinyalakan oleh Wali Kota Solo, langsung diserahkan kepada Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono. Kapolda menjadi petugas pembawa obor pertama di Solo. Ia berlari membawa obor dari Gapura Makutho hingga depan gedung DPRD Solo dan digantikan Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto.

Selama arak-arakan Kirab Obor Asian Games 2018, sepanjang jalan yang dilalui dipadati ribuan siswa sekolah dan warga. Mereka mengelu-elukan iring-iringan kirab yang obor apinya dibawa oleh sejumlah pejabat, atlet hingga artis.

Simak video menarik pilihan berikut di bawah:

2 dari 3 halaman

Dian Sastro Pembawa Obor Api

Kirab Obor Api Asian Games
Perbesar
Artis Dian Sastrowardoyo ikut menjadi pembawa obor saat Torch Relay Asian Games 2018 di Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Bahkan, artis dan bintang film 'Ada Apa Dengan Cinta', Dian Sastrowardoyo pun ikut kebagian tugas menjadi pembawa obor. Ia membawa obor tersebut mulai dari kawasan Keprabon hingga depan Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA Surakarta.

Selama perjalanan tersebut, Dian Sastrowardoyo tak henti-hentinya mengumbar senyuman kepada para siswa dan warga yang memadati di pinggir jalan. Bahkan, sambil membawa obor, ia pun melambaikan tangan kepada para penonton.

Setibanya di depan Rutan Klas IA Surakarta, Dian Sastrowardoyo pun bergantian membawa obor dengan menyerahkan kepada pembawa obor selanjutnya, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Dian tampak menyalakan obor yang dipegang oleh mantan wakil Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Setelah selesai melaksanakan tugas menjadi pembawa obor, ia langsung menepi ke pinggir jalan. Keberadaan artis papan atas tersebut langsung dikerubungi oleh warga dan siswa. Mereka tak henti-hentinya memanggil nama Dian.

3 dari 3 halaman

Menteri Pembawa Obor Terakhir

Kirab Obor Api Asian Games
Perbesar
Menteri PUPPRM Basuki Hadimuljono menjadi pembawa obor terakhir dalam rangkaian Torch Relay Asian games 2018 di Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Tak hanya artis dan atlet, pembawa obor api juga melibatkan salah satu anggota Kabinet Kerja, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPPR). Menteri yang hobi ngeband itu menjadi pembawa obor terakhir untuk selanjutnya diinapkan di Balaikota Solo.

Basuki membawa obor setelah menerima dari Wali Kota Solo. Ia mulai lari membawa obor tersebut sambil berlari kecil mulai dari depan gedung Bank Indonesia Solo hingga ke Balaikota Solo.

Setelah tiba di Balai Kota tersebut selanjutnya dinyalakan ke dalam obor yang lebih besar. Obor tersebut berada di halaman Balaikota dan di jaga oleh sejumlah petugas keamanan.

Pembawa obor yang bertugas pada kirab di Solo pun mendapat penghargaan berupa medali. Menteri Basuki pun bertugas mengalungkan medali tersebut kepada Dian Sastrowardoyo. Tak hanya Dian, mantan Putri Indonesia, Melanie Putriadewi dan mantan pemain Timnas, Rocky Putiray ikut memperoleh mendali.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku senang Solo dipilih menjadi kota kedua setelah Yogyakarta untuk kirab obor Asian Games 201. Bahkan, dalam kesempatan itu dirinya juga ikut bertugas membawa dan menyalakan obor tersebut.

"Ini pengalaman yang sangat menyenangkan dan memnbanggakan karena baru kali ini menyalakan api dari Mrapen ke obor api Asian Games," katanya.

Untuk menyemangat para atlet, ia pun akan menggelar nonton bareng untuk pertandingan saat perhelatan Asian Games 2018 yang disiarkan langsung.

"Ini bentuk dukungan kami sebagai warga Solo untuk memberikan dukungan secara batin dan menyemangati para atlet," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓