Sukses

Pemkot Bandung Akan Panggil Pengelola Terkait Kebakaran Pasar Gedebage

Pemerintah Kota Bandung bakal memanggil PT Ginanjar yang dinilai bertanggung jawab atas peristiwa kebakaran Pasar Gedebage, pada Minggu, 15 Juli 2018 lalu.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung (Pemkot), Jawa Barat, bakal memanggil PT Ginanjar yang bertanggung jawab atas peristiwa kebakaran Pasar Gedebage, pada Minggu, 15 Juli 2018 lalu. Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial ingin memastikan pengelola pasar menyelesaikan masalah ini.

Oded mengatakan, PT Ginanjar telah menjual kios kepada para pedagang. "Karena mereka belum datang, insyaallah saya akan panggil mereka," ucap Oded saat meninjau Pasar Gedebage, Selasa (17/7/2018).

Saat ini, Pemkot Bandung belum memberi tenggat waktu kepada PT Ginanjar untuk pemulihan usai kebakaran Pasar Gedebage.

"Saya belum bisa menentukan deadline. Terpenting, saya menginginkan para pedagang pulih kembali," tegas Oded.

Untuk sementara Pemkot Bandung dan PD Pasar Bermartabat menyiapkan tempat bagi para pedagang terdampak kebakaran.

"PD Pasar pun sudah menyediakan lahan untuk pedagang di los eceran," ujar Oded.

Ia juga mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati untuk masalah instalasi listrik. Karena hal itu sering menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

"Imbauan saya bukan hanya lingkungan pasar, tapi seperti di permukiman juga harus lebih memperhatikan instalasi listrik," tutur Oded.

Sementara itu, para pedagang terdampak kebakaran berharap bisa segera berniaga seperti sedia kala. Oleh karenanya, para pedagang berharap pasar segera dibangun kembali.

"Saya ingin dibangun lagi. Jangan pindah dari sini. Apa pun caranya saya ingin tetap di sini lagi. Soalnya pelanggan sudah tahu di sini," ujar Ade Nasito, pedagang pisang korban kebakaran Pasar Gedebage, pada Minggu dini hari, 15 Juli lalu, yang membuat dirinya mengalami kerugian hingga Rp 100 juta.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.