Sukses

Suhu Dingin di Bandung Ternyata Berdampak pada Harga Daging Ayam

Suhu dingin di Bandung, yang membuat kesehatan ayam terganggu diduga membuat harga daging ayam meningkat.

Liputan6.com, Bandung - Harga daging ayam naik di Kota Bandung, Jawa Barat, dan wilayah sekitarnya. Cuaca atau suhu dingin yang membuat kesehatan ayam terganggu diduga membuat harga daging ayam meningkat.

Pantauan di pasar tradisional seperti di Cihaurgeulis, harga ayam potong terus naik. Harga ayam potong kini naik menjadi Rp 39 ribu per kilogramnya dari biasanya Rp 38 ribu.

Kenaikan harga daging ayam juga terpantau di Pasar Kordon. Harga daging ayam yang biasa dijual Rp 38 ribu per kilogramnya, kini bisa mencapai harga Rp 42 ribu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, Dewi Sartika menyebutkan, saat ini memang ada kenaikan harga daging ayam di Bandung dan sekitarnya.

"Tapi rata-ratanya Rp 39 ribu hingga Rp 40 ribu. Intinya memang agak naik harga daging ayam," ujar Dewi, Selasa, 10 Juli 2018.

Dewi menjelaskan, penyebab naiknya daging ayam potong dikarenakan produksi ayam yang terganggu oleh suhu dingin Bandung belakangan ini. Alhasil, kondisi ini mengakibatkan biaya produksi yang semakin tinggi.

"Dari sisi teknis, sekarang kan cuacanya ekstrem jika malam hari dingin banget. Penyuluh juga mengimbau agar peternak memasang pemanas yang biasanya 10-12 hari menjadi 15 hari," ucap Dewi.

Selain itu, kata dia, pakan ternak juga di mana ternak memerlukan energi yang lebih tinggi. Karena cuaca jugalah kondisi ternak jadi lebih rentan terhadap kematian. Meski diakuinya angka kematian tidak tinggi.

"Yang jelas ada tambahan cost (biaya) produksi. Selain pangan jadi bertambah, peternak juga kan harus membeli terpal plastik," ungkapnya.

Saat ini bibit hidup ayam di harga Rp 21 ribu hingga ke pedagang sampai Rp 40 ribu. Sedangkan harga normal bibit hidup yang diatur dalam Permendag, yaitu Rp 18 ribu.

"Seharusnya harga jual di pasar di kisaran Rp 39 ribu. Saya masih lihat itu hal yang wajar," kata Dewi.

Suhu udara di Kota Bandung maupun di wilayah Jawa Barat lainnya relatif lebih dingin dalam beberapa hari terakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Bandung menjelaskan, fenomena [suhu dingin tersebut disebabkan datangnya musim kemarau.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.