Sukses

Siap-Siap, Bungai Bangkai Raksasa Bakal Mekar Hanya Beberapa Jam

Bunga bangkai Amorphophallus titanum memiliki masa mekar sempurna hanya beberapa jam sebelum kembali menguncup, berbeda dengan Rafflesia sp.

Liputan6.com, Bengkulu - Amorphophallus titanum, salah satu jenis bunga bangkai yang dilindungi, siap mekar di area penangkaran bunga langka warga Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

"Kami memperkirakan bunga akan mekar sempurna dalam satu atau dua hari ke depan," kata Holidin, pemilik area penangkaran bunga langka di Bengkulu, Senin (9/7/2018), dilansir Antara.

Ia menjelaskan, bunga setinggi hampir dua meter itu diprediksi mekar pada Sabtu, 7 Juli 2018 lalu, tetapi tidak sesuai perkiraan. Bunga bangkai yang ditanam di area penangkaran seluas 3 hektare tersebut merupakan Amorphophallus titanum atau dalam bahasa lokal bunga kibut, ketiga yang mekar dalam dua bulan terakhir.

Sebelumnya, dua bunga Amorphophallus titanum dengan rata-rata tinggi dua meter juga telah mekar sempurna di area penangkaran milik keluarganya itu.

"Ini bunga ketiga yang mekar dalam dua bulan terakhir dan kami sudah membuka area ini untuk umum," ucapnya.

Untuk menuju lokasi bunga tersebut, pengunjung harus berkendara selama 1,5 jam dari Kota Bengkulu menuju Kota Kepahiang. Tidak susah menemukan area penangkaran ini sebab posisinya berada di tepi jalan lintas Kota Bengkulu-Kepahiang, tepatnya di kilometer 52.

Pengunjung, kata dia, dapat menyaksikan keunikan bunga langka tersebut tanpa dipungut biaya masuk ke penangkaran yang berada di pinggir Hutan Lindung Bukit Daun itu.

Namun, pihaknya menyediakan kotak sumbangan untuk mendukung upaya pelestarian flora langka endemik Pulau Sumatera tersebut.

Holidin menambahkan, bahwa masa mekar bunga bangkai atau Amorphophallus sp berbeda dengan Rafflesia sp. Bunga bangkai memiliki masa mekar sempurna hanya beberapa jam sebelum kembali menguncup.

Sedangkan, bunga Rafflesia sp akan mekar sempurna selama lima hari sebelum berubah warna menjadi hitam dan membusuk.

"Momen mekar sempurna bunga bangkai hanya beberapa jam, jadi menyaksikan bunga ini mekar adalah keberuntungan," katanya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.