Sukses

Motif Pelaku Berondong Tembakan ke Lapas Pekanbaru Terkait Temuan Sabu?

Total terdapat lima kali tembakan yang dilakukan oleh orang tak dikenal ke Lapas Pekanbaru. Tembakan itu menyasar ke pintu bagian pelayanan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru menyelidiki motif penembakan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gobah atau Lapas Pekanbaru, Provinsi Riau, oleh orang tak dikenal, Minggu dini hari tadi.

Kepala Polsek Bukit Raya, Pekanbaru, Kompol Pribadi di tempat kejadian perkara menduga bahwa insiden penembakan terhadap Lapas Pekanbaru tersebut berhubungan dengan penangkapan pelaku penyelundupan sabu ke lapas tersebut pada Sabtu malam, 7 Juli 2018.

"Dugaan sementara belum bisa dipastikan. Namun, tadi malam ada penemuan sabu di lapas, kemudian diserahkan ke Polsek (Bukit Raya) untuk penangannya," ucap Pribadi, Minggu (8/7/2018).

Sabu tersebut berusaha diselundupkan oleh seorang laki-laki ke dalam lapas. Dua paket kecil sabu tersebut disembunyikan oleh koki lapas di dalam roti. Pribadi menjelaskan bahwa pelaku berinisial F tersebut masih menjalani pemeriksaan intensif oleh kepolisian.

Selain temuan sabu tersebut, Kapolsek Bukit Raya juga mengatakan bahwa beberapa hari sebelum insiden penembakan itu ada pemindahan narapidana dari Lapas Rengat, Indragiri Hulu ke Lapas Pekanbaru.

"Kemarin juga ada pemindahan napi dari Rengat. Napi narkoba dipindah ke sini. Apakah ada hubungannya? Masih didalami," tuturnya, dilansir Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada 5 Tembakan

Total terdapat lima kali tembakan yang dilakukan oleh orang tak dikenal ke Lapas Pekanbaru. Tembakan itu menyasar ke pintu bagian pelayanan. Akibat tembakan tersebut, sejumlah kaca di gedung lapas rusak dan tembus ke dalam gedung.

Ia menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa maupun yang terluka dari insiden itu.

Sementara itu, dari olah tempat kejadian perkara, Pribadi menjelaskan bahwa polisi menemukan sejumlah barang bukti. Di antaranya, dua selongsong peluru, satu proyektil, dan setengah proyektil dalam keadaan pecah.

"Masih diselidiki proyektil tersebut karena tidak ada tertulis kaliber berapa. Polisi juga akan memeriksa CCTV di sini," ujarnya.

Sebelumnya, Lapas Kelas II A Gobah, Kota Pekanbaru diberondong lima tembakan oleh orang tak dikenal. Insiden penembakan tersebut terjadi dua kali. Pertama, terjadi pada pukul 03.30 WIB, kedua pada pukul 04.00 WIB atau berselang setengah jam kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.