Sukses

Misteri Hilangnya 3 Nelayan Jepara Akhirnya Terungkap

Ketika nelayan lainnya berangkat menuju arah barat, tiga nelayan ini malah mengarahkan perahunya ke timur, ke arah pulau Mandalika.

Liputan6.com, Jepara - Misteri hilangnya tiga nelayan asal Jepara di perairan Ujungwatu Kabupaten Jepara terungkap. Mereka ditemukan dan diselamatkan kapal nelayan lain di pantai Pailus Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Tiga nelayan itu masing-masing Mulyono (45) warga Metawar, RT 06/01, Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Purwanto (40) warga Metawar, RT01/01, Desa Ujungwatu, dan Karnadi (58) warga Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Jepara. Mereka bertiga sempat dicari oleh tim SAR Basarnas Jateng.

Menurut Koordinator Basarnas pos SAR Jepara Whisnu Yugo Utamo, sebelum tiga nelayan itu menghilang, kapal mereka mengambil jalur berbeda dengan nelayan lain, yakni ke timur menuju pantai Mandalika

"Saat mereka mau pulang, kapal mereka mesinnya mati. Mereka kemudian langsung menurunkan jangkar," kata Whisnu, Minggu (8/7/2018).

Kuatnya arus laut ternyata tak mampu menahan mereka. Jangkar yang sudah diturunkan seperti tak berguna. Kapal mereka tetap terseret dan terombang-ambing sampai di perairan Kabupaten Kendal dan Kota Semarang.

"Kemudian pada Sabtu jam 17.00 WIB, ada kapal cantrang nelayan lain. Mereka lalu ditolong hingga perairan Jepara," tutur Whisnu.

Hingga perairan Jepara, kapal yang mesinnya mati itu kemudian di-towing atau ditarik oleh kapal nelayan Pailus menuju pantai Pailus. Disampaikan oleh Whisnu, pihaknya berharap komunikasi antar nelayan dan petugas SAR akan semakin meningkat untuk mengantisipasi kecelakaan laut.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.