Saat 2 Menteri Perempuan Jokowi Saksikan Nikah Massal di Manado

Oleh Yoseph Ikanubun pada 07 Jul 2018, 16:57 WIB
Saat 2 Menteri Perempuan Jokowi Saksikan Nikah Massal di Manado

Liputan6.com, Manado – Sabtu (7/7/2018) adalah hari yang membahagiakan bagi 57 pasangan yang mengikuti acara nikah massal di Youth Center Manado. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise dan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh ikut serta menyaksikan acara sakral itu.

Pernikahan massal tersebut merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXV yang berlangsung di Manado sejak 3 Juli 2018. Proses pernikahan ini juga unik dan menarik, karena para pengantin dari warga 15 Kabupaten dan Kota di Sulut ini mengenakan baju adat daerah mereka masing-masing.

Menteri Yohana mengatakan, perkawinan massal diikuti 57 pasangan. Untuk terselenggaranya pernikahan, pemerintah sudah menyiapkan semua kebutuhannya, seperti KTP, akta perkawinan, dan Kartu Keluarga.

"Ini adalah hal yang luar biasa karena sudah bisa menikahkan mereka secara sah, dan membantu mereka memiliki identitas seperti KTP, KK dan Akte Pernikahan," ujar Yohana.

Zudan mengungkapkan, peringatan Harganas di Manado menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas keluarga menuju keluarga bahagia dan sejahtera. Mendukung pencapaian itu, Dukcapil menyiapkan dokumen administrasi kependudukan seperti KTP maupun akta nikah hingga Kartu Keluarga.

"Sehingga, pernikahan ini sah secara agama maupun negara," ujar Zudan.

Zudan menambahkan selain pernikahan massal, dalam puncak peringatan Harganas itu juga diserahkan 200 KTP Elektronik. 58 di antaranya merupakan hadiah ulang tahun bagi warga yang jatuh pada 7 Juli.

"Penyerahan KTP ini dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey," ujar Zudan.

Peringatan Harganas yang dipusatkan di Kompleks Megamas Manado itu turut dihadiri Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Ia mengutip keterangan Gubernur Sulut yang menyatakan 13 ribu warga dari seluruh Indonesia datang ke Manado untuk memperingati Harganas tahun ini.

"Semoga menjadi komitmen sekaligus kekuatan untuk membangun keluarga yang tangguh dan bahagia," ujar Puan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap