Sukses

Tanpa Alat Komunikasi, Tiga Nelayan Jepara Hilang di Laut

Rombongan perahu nelayan menuju barat saat mencari ikan, tapi ada satu perahu yang menuju timur dan langsung tak terdeteksi keberadaannya.

Liputan6.com, Jepara - Tiga nelayan Jepara tiba-tiba menghilang di perairan Ujungwatu, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Tim SAR gabungan masih berupaya menemukan mereka, Sabtu (7/7/2018).

Para nelayan yang menghilang itu adalah Mulyono (45) dan Purwanto (40, warga Metawar RT 06/01 Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, serta Karnadi (58), warga Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Jepara.

Menurut Koordinator Basarnas pos SAR Jepara Whisnu Yugo Utama, kabar hilang para nelayan itu diawali ketika mereka berangkat melaut bersama nelayan lainnya pada Rabu, 4 Juli 2018.

"Beberapa nelayan menuju ke barat. Ada satu kapal nelayan yang mengarah ke Timur. Dan itu langsung tak diketahui keberadaannya," kata Whisnu.

Berdasarkan data dan informasi dari nelayan lainnya, tiga nelayan dalam satu perahu itu kemungkinan besar tak membawa alat komunikasi. Hal ini tentu saja mempersulit pelacakan.

"Basarnas Jepara masih mencari tiga nelayan itu dengan rigid inflatable boat (RIB). Kami menyisir sekitar perairan Ujungwatu arah ke timur 10 mil dari bibir pantai. Kondisi ombak di perairan kurang lebih 0,5 sampai 1 meter dan arah angin dari Timur Laut menuju ke Barat daya," kata Whisnu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.