Sukses

Cetak Rekor Kemarin, Bagaimana Prediksi Suhu di Bandung Hari Ini?

BMKG berbagi tips bagi Anda cara menjaga diri selama suhu dingin melanda Indonesia, termasuk di Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca Bandung dan sekitarnya pada Sabtu (7/7/2018), cerah berawan hingga berawan. Sedangkan, suhu udara Bandung berkisar antara 16,4 hingga 28,6 derajat Celsius.

Dalam keterangan tertulis, peneliti cuaca dan iklim BMKG Kota Bandung, Muhammad Iid Mujtahiddin menyebutkan kelembapan udara berkisar 43 persen hingga 86 persen. Sedangkan, angin pada umumnya mengarah ke tenggara dengan kecepatan 3-20 km/jam.

Kondisi cuaca pada pagi sampai siang hari diperkirakan cerah berawan, diikuti berawan pada malam hari hingga dini hari. Sedangkan kelembapan udara, lanjut Iid, berada pada ketinggian kurang lebih 3 kilometer (700 mb) relatif kering sehingga tidak berpeluang pembentukan awan-awan hujan.

Rinciannya, Bandung Utara suhu udaranya 16,5-28,6 derajat Celsius, Bandung Selatan 16,5-28,6 derajat Celsius, Bandung Timur 16,7-28,6 derajat Celsius, Bandung Barat 16,4-28,2 derajat Celsius, dan Bandung Tengah 16,6-28,6 derajat Celsius.

"Adanya taipun Maria di sebelah timur laut Filipina, sirkulasi siklonik di utara Papua New Guinea, dan kecepatan angin yang melewati Jabar relatif kencang dengan kecepatan berkisar antara 36-50 km/jam," kata Iid, Jumat, 6 Juli 2018.

Iid menjelaskan, kondisi suhu Bandung dalam periode musim kemarau relatif lebih dingin jika dibandingkan saat musim hujan. Puncak musim kemarau di Jawa Barat berada pada Juli-Agustus-September.

"Jadi memang, selama periode musim kemarau pasti suhunya relatif lebih dingin karena pengaruh musim juga dari kondisi cuaca di Australia. Jika saat itu musim dingin, akan juga terasa di wilayah Indonesia khususnya Jabar," tutur Iid.

Ia menjelaskan, selain Bandung, suhu udara dingin juga merata di berbagai daerah di Indonesia. Meski besaran suhunya akan bervariasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Dingin Dibanding Biasanya

 

Iid lebih lanjut menjelaskan, suhu di Bandung sendiri beberapa hari ini terasa lebih dingin dibanding biasanya. Pada 1-5 Juli 2018 saja tercatat suhu rata-rata 17-18 derajat Celsius. Sementara, suhu terendah tercatat pada Jumat kemarin yang mencapai 16,4 derajat Celsius.

"Dalam bulan Juli dari 1-6 Juli, ini paling rendah. Hari ini yang tercatat di 16,4 derajat Celsius dan suhu maksimum itu mencapai di kisaran 28 derajat Celsius," paparnya.

Suhu udara yang dingin di Bandung diprediksi akan berlanjut hingga September mendatang. Tapi, yang paling dingin diprediksi terjadi selama Juli dengan suhu terendah bisa mencapai 15 derajat Celsius.

Mengingat kondisi suhu relatif dingin, BMKG mengimbau keada masyarakat untuk menjaga kondisi dengan banyak mengonsumsi buah, sayuran, dan air.

Bahkan, khusus untuk nelayan di wilayah Jawa Barat, BMKG mengimbau agar mereka tidak dulu melaut selama seminggu ke depan. Sebab, kondisi di Bandung saat ini juga terjadi hampir merata di seluruh wilayah Jabar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.