Sukses

Suhu di Bandung Lebih Dingin dari Biasanya, Begini Penjelasan BMKG

Meski belakangan suhu di Kota Bandung terbilang dingin, hal itu belum sedingin saat 40 tahun lalu. Ketika suhu di Kota Bandung bisa mencapai 11,2 derajat celcius.

Liputan6.com, Bandung - Suhu udara di Kota Bandung maupun di wilayah Jawa Barat lainnya relatif lebih dingin dalam beberapa hari terakhir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Bandung menjelaskan, fenomena tersebut disebabkan datangnya musim kemarau.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Bandung BMKG, Toni Agus Wijaya menuturkan, fenomena ini merupakan fenomena yang umum terjadi saat mulai masuk musim kemarau, di mana karakteristik suhu udara di periode musim kemarau yang berlangsung antara Juni-September relatif lebih rendah bila dibandingkan suhu udara di periode musim hujan.

"Suhu udara Bandung pada sore menjelang malam hari hingga pagi hari, relatif dingin sedangkan pada siang hari terasa panas karena sedikitnya pembentukan awan-awan hujan," kata Toni, Jumat (6/7/2018).

Toni menjelaskan, hal itu terjadi disebabkan adanya angin pasat tenggara atau timur yang bertiup dari Benua Australia. Pada saat terjadi musim kemarau di wilayah Indonesia khususnya Jawa barat, di wilayah Benua Australia sedang terjadi musim dingin terutama dengan puncak musim dingan terjadi di antara bulan Juli, Agustus, September.

"Dari pantauan alat pengukur suhu udara tercatat dalam bulan Juli ini suhu minimum hingga mencapai 16,4 derajat celcius hari ini tanggal 6 Juli 2018, dengan kondisi kelembaban yang relatif rendah berada pada nilai 38%, cukup kering sehingga tidak berpeluang pembentukan awan-awan hujan," paparnya.

Pada periode musim kemarau, lanjut dia, karakteristik udaranya adalah dingin kering, sehingga perlu untuk tetap menjaga kondisi badan dari kondisi cuaca seperti ini.

"Salah satunya dengan banyak mengonsumsi buah-buah dan sayur-sayuran," tuturnya.

Sementara dari pemantauan cuaca, sekarang sedang terjadi Taipun Maria di Utara Khatulistiwa tepatnya di sebelah timur laut Filipina sehingga kondisi angin yang melewati jawa barat relatif kencang dengan kecepatan berkisar antara 36-45 km/jam.

Untuk informasi maritim terkait prakiraan tinggi gelombang maksimum, BMKG juga mengimbau kepada nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu, atau masyarakat yang masih menikmati liburan di sekitar pesisir pantai untuk berhati-hati. Terutama di perairan sebelah selatan Jawa Barat karena ketinggian gelombang hari ini dan esok hingga mencapai 4 meter.

Toni mengatakan, meski belakangan suhu di Kota Bandung terbilang dingin, hal itu belum sedingin saat 40 tahun lalu. Ketika suhu di Kota Bandung bisa mencapai 11,2 derajat celcius.

"Selama periode 40 tahun, suhu udara di Bandung yang pernah tercatat untuk suhu minimum absolut hingga mencapai 11,2 derajat celcius pada bulan Agustus 1987. Sedangkan suhu udara maksimum absolut terjadi pada bulan April 2011 sebesar 36 derajat celcius," jelasnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.