Sukses

Akun Facebook Gus Yasin Dipalsukan untuk Minta Sumbangan

Gus Yasin memastikan bahwa akun Facebook atas nama Taj Yasin Maimoen yang menyebarkan pesan permintaan sumbangan dana lewat layanan pesan media sosial itu bukan miliknya.

Liputan6.com, Semarang - Orang tak bertanggung jawab diduga membuat akun Facebook palsu atas nama Wakil Gubernur Jawa Tengah terpilih Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin). Akun palsu itu meminta sumbangan dana penyelenggaraan pesta rakyat.

Gus Yasin memastikan bahwa akun Facebook atas nama Taj Yasin Maimoen yang menyebarkan pesan permintaan sumbangan dana lewat layanan pesan media sosial itu bukan miliknya.

"Akun saya yang asli hanya satu, yang mengirim permintaan sumbangan penggalangan dana pesta rakyat itu akun palsu dan saya tidak pernah meminta-minta seperti itu. Kalau ada teman atau siapa pun yang dimintai tolong jangan dipercaya, itu murni pemalsuan," katanya di Semarang, Jumat (6/7/2018) dilansir Antara.

Putra ulama karismatik Kiai Haji Maimoen Zubaer itu menyayangkan adanya pihak yang merugikan orang lain dan mencari keuntungan pribadi dengan cara menipu sekaligus memalsukan identitas orang lain.

Gus Yasin menegaskan segera berkoordinasi dengan tim dan aparat penegak hukum untuk mengungkap pemilik akun palsu tersebut.

"Saya kaget saat ada teman menanyakan penggalangan dana untuk pesta kemenangan Ganjar-Yasin, itu tidak benar," ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan itu lagi.

Akun palsu Facebook yang menggunakan nama dan foto profil Taj Yasin Maimoen itu masih aktif dan profilnya dapat diakses secara publik.

Modus penipuan yang digunakan akun palsu itu adalah mengirimkan pesan pada layanan "messenger" kepada sejumlah orang, kemudian meminta sumbangan dana untuk pesta rakyat kemenangan Ganjar-Yasin yang bisa disalurkan melalui beberapa nomor rekening bank.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.