Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kandasnya KM Lestari Maju di Perairan Bira

Top 3 berita hari ini, akibat kandasnya KM Lestari Maju di perairan Bira sebanyak 4 penumpang dikabarkan meninggal dunia.

Liputan6.com, Makassar - Top 3 berita hari ini, Kapal Motor (KM) Lestari Maju kandas di perairan Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Sebelum akhirnya kandas, ratusan penumpang yang panik, segera mengenakan jaket pelampung kapal.

Sementara, sejumlah kendaraan yang terparkir di atas dek langsung terhempas ke laut sesaat KM Lestari Maju mulai miring. 

Kepala Sabandar Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, Zainuddin mengatakan, KM Lestari Maju penumpang sebanyak 139 orang dan 48 unit kendaraan bermotor berupa truk, motor dan bus.

Dari peristiwa tersebut, sebanyak 4 orang penumpang meninggal dunia, yang satu di antaranya seorang bayi.

Sementara itu, polisi berhasil menangkap dua tersangka pelaku pembunuhan gajah bunta atau jinak di di Kamp Conservation Response Unit (CRU) Lokop, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. KM Lestari Maju Tenggelam di Perairan Bira

Penumpang berpegangan pada besi kapal saat KM Lestari Maju tenggelam di lepas pantai Pulau Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (3/7). KM Lestari Maju tenggelam di Perairan Selayar sekitar pukul 14.30 WIT. (BNPB/AFP)

KM Lestari Maju yang kesehariannya dimanfaatkan warga untuk menyeberang dari Kepulauan Bira, Kabupaten Bulukumba, menuju ke Pulau Pammatata, Kabupaten Kepulauan Selayar itu tiba-tiba mengalami kebocoran di tengah perjalanan, tak jauh dari Kepulauan Bira, Kabupaten Bulukumba.

KM Lestari Maju tersebut tak hanya mengangkut ratusan penumpang, tetapi juga sejumlah kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

Berdasarkan dokumentasi yang tersebar, para penumpang terlihat mengapung di lautan dengan menggunakan jaket pelampung.

Selengkapnya...

2. Akhir Pelarian 2 Tersangka Pembunuh Gajah Bunta di Aceh Timur

Ilustrasi Foto Gajah (iStockphoto)

Polisi berhasil mengungkap kasus pembunuhan gajah Bunta, gajah jinak di Kamp Conservation Response Unit (CRU) Lokop, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, pada awal Juni lalu, dengan menangkap dua tersangka.

Selain menangkap dua tersangka, polisi juga menemukan penggalan gading gajah sepanjang 120 centimeter yang dibawa kabur pelaku setelah membunuh gajah Bunta.

Meskipun tidak disebutkan identitas pelaku, keduanya sudah diamankan guna penyelidikan dan proses hukum. Tidak menutupkemungkinan bakal muncul sejumlah nama lain yang diduga terlibat dalam pembunuhan gajah jinak di pedalaman Aceh Timur itu.

Selengkapnya... 

3. Ini Penyebab Gunung Agung Lontarkan Lava Pijar Saat Erupsi

Api membakar hutan lereng Gunung Agung setelah terjadinya lontaran batu pijar dari kawah terlihat dari Karangasem, Bali, Selasa (3/7). PVMBG mencatat terjadinya erupsi Gunung Agung secara strombolian dan terdengar pula suara dentuman (AP/Firdia Lisnawati)

Erupsi disertai dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak kawah Gunung Agung. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Erupsi Gunung Agung ini terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi sekitar 7 menit 21 detik. Erupsi terjadi secara strombolian dengan suara dentuman.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana, menjelaskan, berdasarkan data yang didapat usai erupsi strombolin tidak ada tren peningkatan energi seismik yang besar saat ini.

Selengkapnya... 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.