Sukses

Heboh Pernikahan Serba Pramuka di Cilacap, Selamat Kak

Pernikahan ala Pramuka, pasangan di Cilacap ini bikin heboh tetangga.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang beda dari pernikahan Ahmad Maftuh dengan pasangannya, Miftakhul Khoiroet, pada Jumat, 29 Juni 2018. Warga Kabupaten Cilacap ini menikah memakai seragam Pramuka lengkap. Mulai dari rumahnya hingga lokasi resepsi pernikahan.

Pernikahan keduanya sempat membuat heboh tetangga karena pengantinnya memakai seragam Pramuka. Masyarakat makin dibuat takjub karena resepsi pernikahan mereka diawali dengan upacara tradisi tongkat pora khas Pramuka Wijayakusuma. Para petugas upacara juga memakai seragam Pramuka.

"Ini dilakukan sebagai suatu penghormatan yang dilakukan oleh Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Cilacap dalam mengantarkan sesama rekan Pramuka yang akan menempuh kehidupan baru dan melepas masa lajangnya," terang Ahmad Maftuh, dalam keterangan tertulis dari Pramuka kepada Liputan6.com.

Para pejabat, anggota Gerakan Pramuka, dan masyarakat umum menghadiri pernikahan tersebut. Bahkan, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Cilacap Sutarjo tampak mendampingi mempelai laki-laki. Mereka berbondong-bondong mengucapkan selamat kepada pasangan pengantin ini.

Pasangan pengantin adalah anggota Gerakan Pramuka. Ahmad Maftuh adalah Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Cilacap. Sementara Miftakhul Khoiroet dulunya anggota Dewan Adat Racana di Stikes Paguwarmas Maos Cilacap.

Keduanya sejak duduk di bangku SMP sama-sama aktif di Gerakan Pramuka. Bahkan, keduanya pertama kali bertemu pada kegiatan Pramuka di SMP.

"Dulu istri saya Wakil Ketua Dewan Kerja Ranting (DKR), saya Ketua DKR-nya. Saya di DKC, dulu istri saya aktif di Racana," cerita Ahmad.

Ia menambahkan, kedua orangtuanya sama-sama mendukung dengan rencana pernikahan ala Pramuka ini. Mereka mengaku bangga dengan apa yang mereka raih dengan aktif di Pramuka. "Karena ini salah satu organisasi yang bisa mengarahkan, mendidik saya menjadi insan yang lebih punya makna hidup," Ahmad mengungkapkan.

"Saya ingin menginspirasi bahwasanya menantu idaman adalah Pramuka. Di situ benar-benar membuktikan bahwa Pramuka tidak hanya nyanyi-nyanyi, bisa memberikan kontribusi akhlak, dan bisa menjadi teladan di masyarakat," harapnya.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengucapkan selamat kepada pasangan pengantin ini, Ahmad Maftuh dan Miftakhul Khoiroet. Ia juga mendoakan agar keduanya diberkati oleh Allah SWT dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

"Ini menjadi bukti bahwa menantu idaman adalah Pramuka. Mari kita sama-sama mendoakan keduanya. Hormat saya kepada kedua orangtuanya, dan para pembina Pramuka-nya," kata Adhyaksa.

"Jadi, jika nanti ada orangtua yang mencari pasangan untuk anaknya, tanya dulu, dia Pramuka atau bukan. Kalau Pramuka, kalian sudah separuh diterima. Saya yakin semua orangtua ingin mendapatkan menantu terbaik. Saya merasakan itu karena saya juga punya anak," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.