Marice Mambra dari Papua, Usia 100 Tahun Masih Jualan Sayur

pada 29 Jun 2018, 14:32 WIB
Diperbarui 14 Des 2018, 14:41 WIB
Mama Papua

Jayapura - Namanya Marice Mambra, perempuan yang sudah berusia 100 tahun enam bulan. Dalam kondisi serenta itu Marice masih semangat mengais rezeki sebagai penjual sayur-mayur di Pasar Sentral Hamadi, Kota Jayapura, Papua.

Ketika ditemui Kabarpapua.co pada Senin, 18 Juni 2018, perempuan itu sedang sibuk mengatur dagangannya. Dia berjualan sayur sudah selama 95 tahun.

Mata dan pendengaran Marice masih bagus, meski tubuhnya sudah membungkuk. “Saya terus berdoa kepada Tuhan agar diberi umur panjang dan kesehatan agar bisa menafkahi anak-anak saya,” kata perempuan yang mempunyai 11 orang anak ini.

Selama 95 tahun, perempuan janda ini hanya menggeluti jualan sayur seadanya, seperti pepaya parut, labu siam, wortel, toge. Jumlahnya seadanya.

"Tak ada pekerjaan lain, cuma jualan ini saya bisa hidupi anak-anak saya. Bahkan, ada yang sudah tinggal di Belanda," kata Marice.

Menurut dia, mengeluh bukan jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah. Meratapi nasib tak membuat orang menjadi lebih baik.

"Daripada minta-minta, lebih baik usaha," kata Marice mengungkapkan prinsip hidup yang dilakoninya.

Mengenai penghasilan dari berjualan sayuran, Marice mendapat Rp 200 ribu jika semua dagangannya habis dalam sehari. "Puji Tuhan, jualan hanya untuk makan dan bisa bertahan hidup," ucapnya penuh rasa syukur.

 Simak berita Kabarpapua.co menarik lain di sini