Bukit Jamur dan Petir, Sebuah Kisah Nestapa Remaja

Oleh Aceng Mukaram pada 28 Jun 2018, 12:00 WIB
bukit jamur

Liputan6.com, Pontianak Namanya Bukit Jamur, sebuah bukit dengan ketinggian 500 meter di Kalimantan Barat. Namun, bukit ini menyimpan kisah nestapa, yakni tewasnya seorang remaja yang mencoba menaikinya akibat disambar petir.

Aldio Zuhrio Setiawan, 15 tahun, baru lulus dari Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Pontianak. Ia tewas akibat disambar petir di Bukit Jamur.

Menurut Kepala Humas Kantor SAR Pontianak, Untung Supriadi, Aldio langsung dibawa teman-temannya ke Rumah Sakit.

"Kronologi kejadian, polisi yang lebih paham," kata Untung Supriadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Polisi Nanang Purnomo membenarkan peristiwa itu. Sehari-hari Aldio tinggal di Jalan Sejahtera, Nomor 30 Gang  Gunung Puting 2, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Kisah berawal ketika Aldio dan temannya menaiki bukit itu. Tiba di Bukit Jamur, mereka langsung mendirikan tenda untuk beristirahat karena hujan tiba-tiba turun.

"Saat peristiwa, korban saja yang sedang tidur di dalam tenda. Teman-temannya ada di luar," kata Nanang.

Tiba-tiba ada petir menyambar sebuah pohon yang berada di dekat tenda. Teman-teman korban merasa seperti tersengat listrik pada bagian kaki.

"Teman korban juga melihat korban yang sedang tidur langsung kejang-kejang," kata Nanang.

Melihat tubuh Aldio kejang-kejang, teman-temannya panik. Mereka langsung mencoba menolong dengan nafas buatan. Namun, karena tak ada perubahan, mereka kemudian meminta tolong warga.

Aldio dibawa ke Rumah Sakit Bengkayang. Hasil pemeriksaan medis RSUD Bengkayang tak menemukan luka atau memar. Mulai dari wajah, perut, kaki, kepala. Namun, Aldio sudah meninggal dunia.

"Kesimpulan yang menyebabkan korban meninggal dunia belum diketahui. Harus dilakukan pemeriksaan dalam atau autopsi," kata Nanang.

Kejadian Jumat, 22 Juni 2018 ini makin mengukuhkan prediksi BMKG bahwa cuaca di Pontianak sedang tidak stabil dan membawa bahaya. Bukan hanya hujan dan angin, petir juga bisa menjadi ancaman.

Simak video pilihan berikut:

Live Streaming

Powered by