Persembahan Tari Topeng Cirebon dari Polwan Cantik di Posko Mudik

Oleh Panji Prayitno pada 24 Jun 2018, 06:01 WIB
Diperbarui 24 Jun 2018, 06:01 WIB
Tari Topeng Cirebon Dari Polwan Cantik di Posko Mudik

Liputan6.com, Cirebon - Arus balik Lebaran 2018 memasuki puncak gelombang kedua. Polisi masih terus siaga mengawal kelancaran arus balik di sepanjang pantura Cirebon.

Salah satuya di Posko Mudik Mako Brimob Winong Kabupaten Cirebon. Disitu, para pemudik yang sedang istirahat dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan.

Seperti makanan gratis makanan tradisional Cirebon Nasi Jamblang, Nasi Lengko dan Nasi Kuning. Namun, ada pemandangan menarik ditengah suasana posko.

Empat polwan cantik satuan Polres Cirebon asyik menari ditengah pemudik beristirahat. Menggunakan kostum tari Topeng Kelana Cirebon, suguhan tari topeng ala Polwan cantik ini membuat pemudik terhibur.

Tidak sedikit pemudik mengerumuni para penari topeng untuk mengambil gambar. Manajer Penari Polwan Polres Cirebon Aiptu Ustriana mengatakan, suguhan tersebut sengaja ditampilkan ditengah posko mudik.

"Kita sudah menghibur di tiga posko dua diantaranya di rest area Km 209 dan KM 208 yang terakhir di Posko Mako Brimob jalur arteri pantura Cirebon," kata dia, Sabtu (23/6/2018).

Dia menjelaskan, suguhan tari tersebut selain mengenalkan kepada pemudik, sebagai ajang unjuk gigi anggota polisi yang berbakat dari para polwan cantik ini.

Dia mengatakan, upaya penyaluran bakat Polwan tersebut dimulai sejak tahun 2016. Para Polwan tak hanya diajari menari topeng Cirebon.

"Anggota penari di sini ada delapan orang selain topeng Kelana ada juga Topeng Samba bahkan Ronggeng Bugis dan berbagai tari sambutan kegiatan kepolisian juga bisa," ujar dia.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali, dan Sulsel di sini dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di liputan6.com.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Jadi Reporter

Tari Topeng Cirebon Dari Polwan Cantik di Posko Mudik
Tari Topeng Cirebon, suguhan menarik dari para Polwan Cantik Polres Cirebon menghibur pemudik yang kembali ke Jakarta. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Bakat Polwan menari topeng khas Cirebon tersebut tak hanya ditunjukkan di internal Polres saja. Para penari Polwan tersebut terbiasa menari untuk sejumlah acara kepolisian di luar Cirebon.

"Kalau ada anggota yang hajatan biasanya kami yang tunjukkan tariannya tapi kalau diluar kegiatan polri ada bayarannya," kata dia terkekeh.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatakan, kegiatan penyaluran bakat di internal Polri terus bergulir. Selain bakat menari, sejumlah anggota di Polres Cirebon juga memiliki bakat lain seperti menyanyi, menembak hingga bakat menjadi seorang reporter.

Dia menyebutkan, dalam mengawal arus mudik dan balik Lebaran 2018, Polres Cirebon juga memanfaatkan bakat anggota nya untuk melaporkan perkembangan ala reporter televisi.

"Seperti kita ketahu dan itu tersebar di sosial media perkembangan arus mudik balik yang dilaporkan polwan kepada masyarakat," ujar dia.

Suhermanto mengaku akan terus mengembangkan bakat anggotanya sehingga tidak mengurangi kreatifitas. Namun demikian, bakat yang difasilitas Polri tidak menjadikan anggota lalai akan tugas.

Pada kesempatan yang sama, Suhermanto menyebutkan, hingga H+8 arus balik Lebaran 2018, jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta sudah 80 persen. Tercatat pada Sabtu pagi ini, jumlah kendaraan roda empat yang melewati Tol Palimanan sebanyak 405 ribu unit.

"Selisih yang belum kembali ke Jakarta 100 ribu kendaraan untuk roda dua 10 sampai 20 persen," sebut dia.

Dalam mengawal arus balik Lebaran ini, akhir pekan ini diprediksi merupakan puncaknya.

Lanjutkan Membaca ↓