Sukses

Awas, Sambaran Petir dan Hujan Lebat Bakal Warnai Arus Balik di Sulsel

BMKG meramalkan setidaknya 15 kota/kabupaten di Sulsel bakal mengalami sambaran petir dan hujan lebat.

Liputan6.com, Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Makassar (BMKG Makassar) memprediksikan Provinsi Sulsel berpotensi mengalami hujan lebat dan angin kencang disertai petir.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar, Daryatno mengatakan hampir seluruh daerah di Provinsi Sulsel berpotensi terjadi hal tersebut, mulai hari ini, Selasa (19/6/2018) hingga Jumat, 22 Juni 2018, pukul 08.00 Wita.

Kecepatan angin diperkirakan berkisar 10-30 kilometer per jam. Sementara itu, suhu berkisar 21-30 derajat Celsius dan kelembapan hampir seluruh daerah di Sulsel berkisar antara 65-90 persen.

"Kita harap masyarakat Sulsel tetap waspada, apalagi yang dalam perjalanan balik ke Makassar usai mudik Lebaran. Sebisa mungkin menghindari berlama-lama di bawah pohon besar dan lapuk serta tak mengebut di jalan karena licin," kata Daryatno via telepon, Selasa (19/6/2018).

Tak hanya itu, ia juga mengimbau para nelayan untuk tidak melaut terlalu jauh. Terutama para nelayan yang menggunakan perahu tradisional dan berukuran kecil sejenis katinting dan jollorok yang mudah terempas ombak dan angin kencang.

"Sebaiknya melaut nanti setelah cuaca membaik karena saat ini, kondisi belum memungkinkan untuk itu. Tapi, itu terlepas lagi dari nelayan yang bersangkutan. Intinya, kita sudah berikan imbauan," kata Daryatno.

Berikut daerah-daerah di Sulsel yang diperkirakan berpotensi terjadi hujan lebat dan angin kencang disertai petir.

1. Kotamadya Pare-pare

2. Kabupaten Gowa

3. Kabupaten Wajo

4. Kabupaten Maros

5. Kabupaten Bulukumba

6. Kabupaten Soppeng

7. Kabupaten Sidrap

8. Kabupaten Takalar

9. Kabupaten Barru

10. Kabupaten Bone

11. Kabupaten Pangkep

12. Kotamadya Makassar

13. Kabupaten Pinrang

14. Kabupaten Enrekang

15. Kabupaten Sinjai

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.