Sukses

Ini 5 Titik Kepadatan Arus Balik Melewati Jawa Tengah

Salah satu titik kepadatan arus balik, yaitu tanjakan dan turunan Jembatan Kali Kenteng di ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura.

Semarang - Arus balik lebaran diprediksi bakal terjadi pada 19-20 Juni 2018. Polda Jawa Tengah (Jateng) sudah memetakan jalur lalu lintas. Diperkirakan ada lima titik terjadinya kepadatan kendaraan.

Pertama, tanjakan dan turunan Jembatan Kali Kenteng di ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura. Meski tanjakan di sisi Barat jauh lebih landai dibanding sisi Timur, tiap pengendara harus tetap berhati-hati ketika melintas di lokasi tersebut.

"Di Kali Kenteng ada perlambatan karena kendaraan melintas harus satu-satu," ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono usai acara pembukaan tol fungsional untuk arus balik kepada KRJogja.com, Senin (18/6/2018).

Titik arus balik berikutnya adalah Gerbang Tol Banyumanik, Semarang. Kepadatan bisa saja terjadi lantaran ada proses transaksi. "Tapi gate-nya sudah dibuka sembilan. Ada juga petugas yang mobile, jalan kaki mendatangi dan nge-tap kepada pengguna jalan. Mudah-mudahan bisa dipercepat," sambungnya.

Langkah antisipasi serupa juga bisa dilakukan di Gate Kertasari di Suradadi, Kabupaten Tegal. Situasi di sana tak jauh berbeda dengan Gerbang Tol Banyumanik.

Exit Tol Manyaran, Semarang, tak luput dari pantauan petugas kepolisian dan instansi terkait. Lokasi tersebut menjadi pintu masuk kendaraan yang meninggalkan tol operasional menuju ke tol fungsional.

Titik kepadatan arus balik terakhir yakni Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Semarang-Batang. Infrastruktur yang belum lama diresmikan dan difungsikan itu memang dinilai mampu memangkas jarak tempuh para pemudik ketimbang harus memutar melalui jalan nasional. "Tapi di sana itu lajur, jadi pasti ada hambatan," imbuh Condro.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.