Sukses

Arus Balik, Pemudik Mulai Memadati Jalur Sedayu Bantul

Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas tersebut, petugas kepolisian memprioritaskan arus kendaraan pemudik dari arah timur untuk tetap berjalan, meski lampu menyala merah.

Liputan6.com, Bantul - Arus balik pemudik mulai terlihat di kawasan Yogyakarta. Arus lalu lintas kendaraan pemudik di ruas Jalan Wates di Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin atau H+2 Lebaran 2018, terutama ke arah barat mulai padat.

Kepadatan arus lalu lintas itu, mayoritas kendaraan pemudik dari Jakarta dan Bandung yang melaju ke arah barat.

Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas tersebut, petugas kepolisian memprioritaskan arus kendaraan dari arah timur untuk tetap berjalan, meski lampu menyala merah.

"Pengaturan arus ini untuk mengantisipasi antrean panjang kendaraan di lampu APILL (alat pemberi isyarat lalu lintas), kendaraan mayoritas mobil-mobil pribadi," kata Komandan Regu Piket Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran Sedayu Ipda Gunawan Wibisono, dilansir Antara, Senin (18/6/2018).

Menurut dia, kepadatan arus lalu lintas kendaraan pemudik di ruas jalan yang menghubungkan Yogyakarta-Purworejo tersebut mulai terjadi pada pukul 08.30 WIB karena meningkatnya volume kendaraan.

Pihaknya mengimbau pengendara agar berhati-hati melewati jalur tersebut.

"Karena arus kendaraan cukup ramai, maka kami pesan jika sopir merasa lelah segera istirahat, dan juga kami minta hindari penggunaan telepon seluler selama berkendara," katanya.

Dia juga mengharapkan pengendara sepeda motor berhati-hati agar tidak memicu kecelakaan lalu-lintas, karena sepeda motor cukup lincah dikendarai selama perjalanan, menyebabkan pengemudinya kurang waspada, terutama saat kondisi lalu-lintas padat selama arus balik Lebaran.

"Pengendara sepeda motor biasanya ingin buru-buru, karena bisa berjalan lincah di jalan, namun riskan terjadi senggolan di jalan yang bisa memicu kecelakaan," katanya.

Apalagi, menurut dia, dengan kondisi jalan yang cukup bagus dan lurus, pengendara sepeda motor biasanya juga kurang waspada terhadap potensi kecelakaan.

Ia mengatakan sebagian besar penyebab kecelakaan lalu lintas dipicu kelalaian atau kesalahan pengendara.

"Tadi sekitar pukul 10.00 WIB sempat terjadi kecelakaan ringan antara dua sepeda motor di wilayah Klangon Sedayu, saat ini korban sudah dibawa ke rumah sakit," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.