5 Anggota TNI Diserang Kelompok Kriminal Bersenjata Papua

Oleh Liputan6.com pada 17 Jun 2018, 09:01 WIB
Diperbarui 17 Jun 2018, 09:01 WIB
Tembak Senjata Api
Perbesar
Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Liputan6.com, Yambi - Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua kembali melancarkan aksinya. Sebanyak lima anggota TNI Angkatan Darat terluka diserang KKB di Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Data yang dihimpun Antara dari Jayapura pada Minggu (17/6/2018), penembakan yang dilakukan KKB, Sabtu, 16 Juni 2018, terjadi dua kali. Diawali saat anggota TNI menggunakan tiga kendaraan roda empat melakukan patroli ke kawasan Yambi dan saat hendak kembali ditembaki dari ketinggian hingga mengakibatkan tiga anggota terluka.

Ketiga anggota TNI yang terluka yakni Kapten Infantri GP terkena serpihan peluru di pelipis mata kanan dan lengan bagian kiri, Prada EK mengalami luka tembak di lengan tangan bagian kiri, dan Praka S terkena serpihan peluru pada bagian paha kanan.

Insiden penembakan kedua terjadi saat personel TNI dari Kodim 1714 melakukan penyisiran, tetapi saat berada di Tinggineri, Distrik Yambi, kembali ditembaki hingga mengakibatkan dua anggota terluka.

Dua anggota yang terluka masing-masing Pratu BS dan Pratu R yang mengalami luka tembak pada bagian paha.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Supit saat dikonfirmasi, Sabtu, 16 Juni 2018 membenarkan adanya prajurit TNI yang terluka tembak saat berpatroli.

"Memang benar KKSB (Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata) melakukan penembakan ke anggota saat berpatroli hingga menyebabkan ada yang terluka tembak dan terkena serpihan peluru," kata Mayjen TNI Supit.

Dia menambahkan bahwa kelima anggota TNI yang terluka itu kini sudah dalam kondisi stabil dan masih dirawat di RSUD Mulia.

 

Simak video pilihan berikut ini: