Sukses

Strategi Terminal Leuwi Panjang Sambut Arus Balik Pemudik

Bus sudah disiapkan untuk arus balik, termasuk bus cadangan dari Damri.

Liputan6.com, Bandung - Untuk mengantisipasi arus balik, Terminal Leuwi Panjang Bandung telah menyiapkan fasilitas kendaraan umum bagi penumpang. Arus balik diprediksi akan terjadi H+3 dan H+6 Lebaran.

"Bus sudah kita siapkan untuk arus balik. Termasuk bus cadangan dari Damri," ujar Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Yosep Heryansyah, Sabtu, 16 Juni 2018.

Menyambut arus balik, Yosep mengatakan pihaknya bersiaga selama 24 jam. Petugas dari Kementerian Perhubungan dan Polda Jawa Barat berjaga di Posko Lebaran sejak arus mudik kemarin.

Yosep menyebutkan, prediksi puncak arus balik di Terminal Leuwi Panjang akan terjadi pada Selasa, 19 Juni 2018, atau H+3 Lebaran. "Karena sebagian orang sudah mulai masuk kerja hari Jumat. Apalagi kan sekarang liburnya datang lebih awal," tutur Yosep.

Prediksi itu, lanjut Yosep, didasari data pada tahun lalu. Selain H+3, puncak arus balik juga diperkirakan akan terjadi pada Jumat nanti.

"Kalau misalnya jatuhnya tanggal masuk kerja di hari Sabtu, kondisi arus balik juga akan sama," ujarnya.

Kepala Terminal Leuwi Panjang Edi Kalbari menambahkan, berdasarkan data pada H+3 dan H+6 tahun lalu jumlah keberangkatan bus meningkat paling signifikan. "H+3 mencapai 627 bus dan 14.772 penumpang. Sedangkan, H+6 memberangkatkan 693 bus dengan 19.985 penumpang," kata Edi.

Adapun jumlah kedatangan bus tertinggi periode tahun lalu terjadi pada H+1. "Tahun lalu pada H+1 dengan jumlah 590 bus yang mengangkut 18.550 penumpang," ujarnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.