Sukses

Kisah Napi Rutan Baturaja yang Tak Sempat Rayakan Lebaran Tahun Ini

Pihak Rutan Baturaja sudah berupaya semaksimal mungkin, tetapi napi tersebut meninggal sehari jelang lebaran tahun ini.

Liputan6.com, Baturaja - Seorang warga binaan Rutan Baturaja yang terjerat kasus narkoba meninggal dunia setelah mendapat perawatan di rumah sakit karena menderita penyakit komplikasi. Ia pun tak sempat merayakan lebaran tahun ini.

"Korban atas nama Suparman (47) ini meninggal di rumah sakit pada Kamis (14/6/2018)," kata Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Herdianto saat dikonfirmasi, di Baturaja, Jumat, 16 Juni 2018, dilansir Antara.

Dia menjelaskan, warga Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur terjerat kasus narkoba. Ia lalu dipidana selama empat tahun subsider tiga bulan. Sebelum meninggal dunia, napi tersebut mengidap penyakit komplikasi yang sudah dideritanya sebelum menjalani hukuman di rutan setempat.

Menurut hasil diagnosis dokter, kata dia, penyakit yang diderita napi itu di antaranya bronkitis dan gagal ginjal kronis. "Berdasarkan informasi dari keluarga korban, jika yang bersangkutan sudah lama mengidap penyakit," ucapnya.

Dia mengemukakan, saat opname pertama, Suparman dirawat selama lima hari. Tepatnya pada 29 Mei-2 Juni 2018. Lepas itu, ia menjalani kontrol rawat jalan satu kali pada 7 Juni lalu.

"Selanjutnya kembali diopname pada 12 sampai 14 Juni 2018 hingga korban meninggal dunia di rumah sakit pada Kamis pagi," ujarnya.

Menurut dia, sebelum meninggal, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dengan cara merujuk ke rumah sakit. Lantaran menderita terlalu banyak penyakit, narapidana itu sulit disembuhkan.

"Jenazah almarhum sudah kami serah terimakan dengan keluarganya," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.