Sukses

Jangan Pegang Hewan Berwarna Biru di Pantai Parangtritis Yogya

Bentuk hewan berwarna biru di Pantai Parangtritis itu bergelembung seperti balon yang bisa menarik perhatian bagi anak-anak.

Yogyakarta - Kunjungan objek wisata pantai yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diprediksi mulai meningkat pada hari kedua lebaran ini. Wisatawan, terutama anak-anak, diimbau agar tidak menjadikan mainan ketika menemui hewan berwarna biru di pantai.

Komandan Search and Rescue (SAR) Linmas Parangtritis, Ali Sutanto mengatakan, hewan berwarna biru tersebut memang cukup menarik perhatian. Selain berwarna biru, bentuknya juga unik karena bergelembung menyerupai balon.

"Info untuk pengunjung, jangan dibuat mainan. Karena itu berbahaya dan beracun," katanya, Rabu, 13 Juni 2018.

Sudah sejak sekitar seminggu lalu ubur-ubur itu muncul di tepian pantai. Mereka datang secara bergelombang dan diperkirakan sampai Agustus mendatang. "Tadi pagi muncul lagi, tapi tidak banyak," tuturnya.

Ia juga mengimbau agar pengunjung tidak berenang di titik-titik yang sudah dipasangi rambu peringatan. Alasannya karena terdapat palung-palung laut yang membahayakannya.

Menghadapi libur lebaran ini, tim SAR telah menyiagakan sebanyak 25 anggota yang ada di Pantai Parangtritis. Sementara, lima petugas lain berjaga di sebelah barat Pantai Depok.

Jumlah itu akan ditambah jika kunjungan dirasa semakin banyak. Setidaknya masih ada 10 personel cadangan yang dimintanya masuk nanti. "Kunjungan lebaran kedua sudah ramai. Tapi ketika pertengahan liburan, semakin banyak nanti," ucap Ali.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini