Sukses

Kesiapan Kebun Binatang Bandung Sambut Wisatawan di Libur Lebaran

Pihak pengelola Kebun Binatang Bandung sudah menyiapkan berbagai wahana menarik untuk menyambut pengunjung.

Liputan6.com, Bandung Selain ajang mempererat tali silaturahmi, libur Lebaran selalu dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata. Salah satu objek wisata yang sering diserbu pengunjung setiap liburan adalah Kebun Binatang Bandung.

Kebun Binatang Bandung ini menjadi primadona wisata bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya. Pihak pengelola pun sudah menyiapkan berbagai wahana menarik untuk menyambut pengunjung.

Marketing Komunikasi Kebun Binatang Bandung Sulhan Safii menjelaskan, pihaknya sudah membenahi beberapa fasilitas menghadapi libur Lebaran. Pembenahan di antaranya mulai dari renovasi kandang satwa karnivora, penambahan wahana hingga penyempurnaan fasilitas umum.

"Kita sudah merenovasi beberapa kandang karnivora, bagian utamanya tidak diubah tapi furniturnya ditambah biar lebih menarik," kata Sulhan ditemui pada Kamis, 14 Juni 2018.

Sulhan mengungkapkan, jumlah kandang yang direnovasi total berjumlah tujuh buah. Di antaranya dua buah kandang singa, satu kandang harimau benggala, satu kandang macan tutul dan satu kandang binturung.

"Untuk memperkaya isi kandang, diberikan kolam dan permainan di dalam kandang," tuturnya.

Pihak kebun binatang juga menyediakan fasilitas baru berupa skywalk. Jembatan setinggi 75 meter itu dibuat agar para pengunjung bisa melihat satwa dengan cara berbeda.

"Dengan adanya skywalk, pengunjung bisa melihat lebih dekat macan tutul dan beruang madu lebih dekat," ujarnya.

Sedangkan fasilitas umum seperti masjid kini jadi lebih luas. Juga disediakan bangunan tambahan di area masjid dengan teras yang bisa menampung sekitar 100 orang. Tak hanya itu, empat toilet umum ditambahkan pihak pengelola.

"Selain itu kita bikin tempat photobooth sebanyak lima buah. Dua di lokasi kandang burung, satu di lokasi binturung, onta dan kolam ikan. Untuk foto-foto gratis," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Tiket Tetap Normal

Sulhan menuturkan, Kebun Binatang Bandung menetapkan 10 hari sebagai pekan liburan dengan menerapkan harga tiket normal.

"Harga tiket tetap normal Rp 40 ribu. Terhitung mulai sejak hari pertama sampai 10 hari kita berlakukan tiket terusan," kata dia.

Tiket terusan berarti pengunjung bisa menikmati seluruh wahana yang disediakan.

"Untuk bermain perahu itu tidak dikenakan biaya lagi. Semuanya sudah termasuk dalam satu tiket gelang," kata Sulhan.

Menurut Sulhan, tahun ini kedatangan pengunjung ditargetkan mencapai 120 ribu. Hal itu berpacu pada data periode yang sama tahun lalu dengan jumlah pengunjung mencapai 108 ribu dalam 10 hari. Adapun jam operasional Kebun Binatang Bandung mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

"Untuk petugas keamanan pada siang hari kita tambah jadi 11 orang. Karyawan dengan pakaian kasual ada sekitar 14 orang di dalam yang disiapkan di pintu masuk dan area kandang. Petugas lainnya bertugas seperti biasa," kata dia.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.