Sukses

15 Juni Lewat Yogyakarta, Jangan Lupa Mampir Ikut Grebeg Syawal

Dalam Grebeg Syawal tersebut, Kraton Yogyakarta akan mengeluarkan tujuh pareden atau gunungan.

Yogyakarta - Kraton Yogyakarta akan menggelar Hajad Dalem Grebeg Sawal pada Jumat, 15 Juni 2018 mulai pukul 07.00 WIB. Hal tersebut berdasar perhitungan kalender Jawa Sultan Agungan yang menunjukkan 1 Syawal 1439 H bertepatan dengan Jemuah Legi, 1 Sawal Dal 1951.

"Untuk Idul Fitri tahun 2018 M atau 1439 H ini berbarengan dengan 1 Sawal Dal 1951 pada hari Jumat, 15 Juni mendatang. Sehingga Kraton Yogyakarta akan menggelar Garebeg Sawal pada hari tersebut," tutur Cantik Tepas Dwarapura Kraton Yogyakarta KRT Wijaya Pamungkas kepada KRJOGJA.com, Senin, 11 Juni 2018.

Menurut Kanjeng Wijaya, sapaan akrabnya, dalam kesempatan tersebut Kraton Yogyakarta akan mengeluarkan tujuh pareden atau gunungan. Sebanyak lima gunungan akan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman, yakni Gunungan Kakung, Gunungan Putri, Gunungan Gepak, Gunungan Pawuhan dan Gunungan Darat.

"Masih ada pula dua gunungan lagi, yakni Gunungan Kakung yang akan dibawa ke Pura Pakualaman dan Bangsal Kepatihan," lanjutnya.

Selain hajat dalem Garebeg Sawal, pada hari pertama Idul Fitri tersebut juga akan diadakan Pisowanan Ngabekten Hageng di Bangsal Kencana mulai pukul 09.30 WIB untuk kerabat sentana dalem laki-laki. Termasuk, untuk abdi dalem wedana yang digelar siang harinya. Sedangkan, Ngabekten Putri akan diadakan di Tratag Bangsal Prabayeksa pada Sabtu, 16 Juni 2018, mulai 09.30 WIB.

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.