Jumlah Penumpang Mudik Lebaran di Bandara Husein Sastranegara Melonjak

Oleh Huyogo Simbolon pada 12 Jun 2018, 11:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2018, 11:00 WIB
Arus mudik 2018

Liputan6.com, Bandung Manajer Operasional dan Pelayanan Bandara Husein Sastranegara Bandung Suwarsono mengatakan, ada peningkatan jumlah penumpang dalam menyambut arus mudik Lebaran 2018. Peningkatan bahkan terjadi dari hari-hari sebelumnya.

Menurut Suwarsono, pada H-6 Lebaran kemarin jumlah kedatangan pesawat sebanyak 44 kali, dengan jumlah penumpang sebanyak 5.749 orang. Jumlah itu lebih banyak dibanding 2017 lalu di mana jumlah kedatangan pesawat hanya 39 kali dengan jumlah penumpang sebanyak 4.321 orang.

"Secara total termasuk dengan keberangkatan untuk H-6 saja, jumlah penumpangnya 11.824 atau naik 29,65 persen dari tahun sebelumnya dengan jumlah total 9.120 penumpang," kata Suwarsono ditemui di Posko Lebaran Bandara Husein Sastranegara, Senin, 11 Juni 2018.

Adanya penerbangan di Bandara Kertajati di Majalengka, menurut Suwarsono tak terlalu berpengaruh pada arus mudik Lebaran di Bandara Husein Sastranegara.

"Peningkatan penumpang selama arus mudik Lebaran terjadi setiap hari, walaupun sekarang kita tahu hari ini sudah pergerakan di Bandara Kertajati dengan penerbangan dari Surabaya ke Kertajati. Mungkin karena jadwal penerbangannya baru itu," kata Suwarsono.

Dia menyebutkan, kondisi arus mudik sejak H-7 sampai hari ini terjadi lonjakan penumpang dengan jumlah yang cukup signifikan.

"Mungkin karena pemerintah menyatakan libur bersama dimulai hari ini dan sejak Sabtu dan Minggu kemarin sudah tampak peningkatan penumang," tuturnya.

Sementara itu, tujuan penerbangan dari dan ke Husein Sastranegara paling banyak didominasi penerbangan Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, dll.

2 dari 2 halaman

Tambah 2 Maskapai Penerbangan

Posko Lebaran
Pihak Bandara Husein Sastranegara Bandung menyediakan Posko Lebaran untuk meningkatkan layanan kepada konsumen

Selain itu, Bandara Husein Sastranegara Bandung juga menambah maskapai penerbangan ada arus mudik Lebaran tahun ini.

Dua maskapai tersebut, yakni Xpress Air dengan penerbangan untuk rute Padang (PDG) tanggal 12-19-21-23 Juni 2018. Sementara Wings Air menambah penerbangan untuk rute Tanjung Karang (TKG) dengan ajuan waktu penerbangan mulai 1 hingga 30 Juni 2018.

"Untuk arus mudik Lebaran tahun ini dua maskapai itu ya," ujar Suwarsono.

Dia lebih lanjut mengatakan, sejauh ini lonjakan penumpang pesawat udara melalui Bandara Husein Sastranegara masih berlangsung normal namun tampak ada peningkatan signifikan. Lonjakan diprediksi baru akan terjadi pada H-2 Idul Fitri, yakni pada Rabu (13/6/2018) mendatang.

"Puncak arus mudik masih ada kemungkinan terjadi pada H-2 walau beberapa hari terakhir terjadi keramaian," tegasnya.

Menghadapi arus mudik, pihaknya sudah menyiapkan posko Lebaran. Selain personel yang menjaga keamanan, ada petugas yang bekerja setiap harinya di posko ini.

"Dalam rangka peningkatan pelayanan kita sudah menyiapakan personel keamanan dan petugas informasi dan sebagainya. Khusus untuk mudik, kita juga sudah menambah jadwal kerja karyawan," jelasnya.

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓