Sukses

Berapa Kendaraan Datang dari Surabaya ke Malang Tiap Menitnya?

Arus kendaraan sudah mulai padat di Flyover Arjosari, Kota Malang hingga sepanjang jalan nasional menuju Surabaya. seberapa kepadatannya?

Surabaya - Arus mudik lebaran sudah mulai terlihat di kawasan Kabupaten Malang, Sabtu, 9 Juni 2018. Berdasarkan pantauan JawaPos.com, arus kendaraan padat sejak pagi hingga siang.

Semakin padat ketika mendekati dan usai jam makan siang hingga sore hari. Arus kendaraan sudah mulai padat di Flyover Arjosari, Kota Malang hingga sepanjang jalan nasional menuju Surabaya.

Untuk arus arah Surabaya menuju Malang, kepadatan sudah terlihat sejak dari pintu masuk Kabupaten Malang, di Lawang. Arus mudik kendaraan mulai terpecah di Sumberwuni. Ini karena, ada pengoperasian tol fungsional Malang Pandaan.

Namun, di kawasan Singosari, arus lalu lintas kembali memadat. Jalanan padat merayap dan didominasi oleh roda empat dan roda dua.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com di lapangan, di persimpangan Karanglo, Singosari, terlihat tumpukan arus kendaraan. JawaPos.com mencoba menghitung kendaraan yang masuk dari Surabaya ke Malang Raya. Meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Dalam semenit, kendaraan yang masuk dari arah Surabaya menuju Malang Raya, sekitar 100 per menit. Itu hanya arus mudik untuk kendaraan roda dua.

Baca berita menarik lainnya dari JawaPos.com di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Malang-Surabaya, Surabaya-Malang, Lebih Banyak Mana?

Sementara itu, untuk kendaraan roda empat yang masuk ke Malang dari Batu dan Surabaya, berjumlah 45 unit per menit. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dan besar, dari arah Surabaya menuju Batu, berjumlah 60 unit per menit.

Jika dilihat dari data tersebut, dalam semenit ada sebanyak 220 unit kendaraan yang masuk ke Malang Raya dari arah Surabaya. Artinya, dalam satu jam ada sekitar 1.320 kendaraan yang masuk. Didominasi oleh roda dua.

Kanit Turjawali Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik, menjelaskan, arus mudik sudah tampak sejak Jumat, 8 Juni 2018. Kendaraan dari arah Surabaya lebih banyak jika dibandingkan dengan kendaraan dari arah Malang.

"Diperkirakan, puncak arus mudik satu hari sebelum lebaran dan tiga hari jelang lebaran," katanya kepada JawaPos.com, Sabtu, 9 Juni 2018.

Dia mengimbau kepada para pemudik, agar mematuhi aturan lalu lintas dan melengkapi surat kendaraan. Selain itu, jika merasa ngantuk, hendaknya menepi dan beristirahat.

"Berhati-hatilah dalam berkendara dan tetap menjaga keselamatan," tegas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.