Sukses

Kurangi Pemudik Sepeda Motor, Ribuan Peserta Ikut Mudik Gratis Pemprov Jabar

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher melepas 130 bus dalam program mudik gratis tahun 2018, di Gedung Sate, Sabtu, 9 Juni 2018.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher melepas 130 bus dalam program mudik gratis tahun 2018, di Gedung Sate, Sabtu, 9 Juni 2018. Keberangkatan bus tersebut berada di beberapa titik, yakni Kota Bandung, Bekasi, dan Bogor.

"Tujuan mudik gratis ini tidak lain untuk membantu para pemudik yang kurang mampu," ucap Aher.

Selain itu, mudik gratis yang diikuti sekitar 5.000 orang ini juga ditujukan agar dapat mengurangi jumlah pemudik berkendaraan roda dua atau sepeda motor, sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan. Sebab, kecelakaan saat mudik setiap tahunnya didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Atas nama keselamatan mari kita utamakan mudik pakai roda empat, baik yang diselenggarakan pemerintah atau mudik dengan masing-masing menggunakan PO (perusahaan otobus)," tutur Aher.

Ia menambahkan, para pemudik pun tetap bisa memakai motornya di kampung halaman dengan menggunakan jasa pengiriman. Selain itu, Pemprov Jabar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyediakan layanan gratis bagi pemudik yang menitipkan kendaraan roda dua.

"Dishub menyediakan truk untuk mengangkut motor roda dua. Program ini kita sediakan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Terkait kelaikan bus mudik gratis, Aher memastikan semua angkutan sudah melalui uji Kir dan pemeriksaan Dishub. Ia pun telah meminta kepada semua pengusaha bus untuk selalu aktif memeriksa kendaraannya, sehingga saat dipakai mudik nanti sudah laik jalan.

Dari total 130 bus, 100 di antaranya disediakan pemerintah. Adapun rute tujuan ke beberapa daerah di Jawa Tengah.

Sebanyak 30 lainnya dari berbagai pihak seperti Polda Jabar, Jasa Raharja, dan swasta. Mudik gratis bareng ini belum termasuk mudik bareng yang diselenggarakan pihak swasta. "Semoga di tahun mendatang lebih meningkat," kata Aher.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Bus AC

Program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Jabar ini menggunakan bus dilengkapi pengatur suhu dingin atau AC. Dengan begitu, para pemudik bisa merasa nyaman selama perjalanan pulang ke kampung halaman.

"Dari model busnya nyaman, ber-AC semua," ujar Aher.

Ia pun berpesan kepada para pemudik agar menikmati Idul Fitri dan turut mendoakan para penumpang selamat.

"Mudah-mudahan kita bisa memprogramkan mudik gratis bareng lebih baik lagi dan sedapat mungkin tidak menggunakan roda dua," ungkapnya.

Menurut Tuti (45), salah satu peserta mudik, program ini cukup membantu ia dan tiga keluarganya yang akn mudik ke Klaten, Jawa Tengah.

"Maksimal daftar empat orang. Waktu itu tinggal bawa kartu keluarga dan KTP ke Jasa Raharja. Setelah itu langsung dikasih tiket," ujarnya.

Tuti berharap mudik kali ini berjalan dengan ama dan lancar. "Ini merupakan pengalaman pertama saya dan keluarga ikut program mudik gratis," imbuhnya.

Adapun selain dihadiri Ahmad Heryawan, pelepasan bus mudik juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, Wakapolda Jabar Brigjen Supratman dan stakeholder lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.