Sukses

Tips Mencegah Kebakaran Saat Rumah Ditinggal Mudik

Jelang Lebaran, banyak warga memanfaatkan momen setahun sekali ini dengan mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara. Tak bisa dipungkiri, saat mudik rumah yang ditinggal sangat mungkin tak berpenghuni.

Liputan6.com, Bandung Jelang Lebaran, banyak warga memanfaatkan momen setahun sekali ini dengan mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara. Tak bisa dipungkiri, saat mudik rumah yang ditinggal sangat mungkin tak berpenghuni.

Berkaitan dengan pencegahan terhadap kebakaran saat rumah ditinggal penghuni, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung memberikan tips mudik aman bagi yang meningglkan rumah dalam waktu lama.

Kepala Diskar PB Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengungkapkan, hal utama yang harus diperhatikan saat meningglkan rumah adalah memastikan seluruh peralatan elektronik dalam keadaan mati.

"Pastikan alat elektronik sudah dimatikan. Jangan lupa periksa kompor gas. Pastikan tidak menyala saat pergi," kata Ferdi, Jumat, 8 Juni 2018.

Tips berikutnya, gunakan lampu otomatis untuk teras atau taman rumah. Hal ini sebagai pengalihan kepada pencuri agar rumah rumah tidak terlihat kosong.

"Jangan lupa kunci jendela, pintu rumah dan gerbang rumah," tuturnya.

Lalu, titipkan nomor telepon kepada RT atau petugas keamanan agar mudah dihubungi jika terjadi sesuatu. "Bula punya hewan peliharaan, titipkan pada jasa penitipan hewan," imbuhnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.