Sukses

Pagi Kemuning di Air Terjun Klenting Kuning

Warna kuning pada dinding air terjun karena air di Curug Klenting Kuning memang mengandung belerang.

Semarang - Di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) ada objek wisata yang harga tiket masuknya cukup murah. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup mengeluarkan uang Rp 3.000 untuk bisa masuk ke objek wisata ini. Objek wisata tersebut berupa air terjun bernama Curug Klenting Kuning.

Curug Klenting Kuning berada di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jateng. Nama air terjun tersebut memang seperti nama seorang gadis yang akhirnya dipilih Ande-ande Lumut dalam sebuah cerita rakyat.

Namun demikian, nama air terjun itu diambil bukan berdasarkan cerita rakyat tersebut. Namun, karena dinding air terjun berwarna kuning.

Dikutip Semarangpos.com (Solopos.com grup), air di Curug Klenting Kuning memang mengandung belerang. Hal itu lah yang menimbulkan warna kuning pada tebingnya.

Salah satu air terjun di Kabupaten Semarang itu memang memiliki ketinggian yang tak terlalu tinggi, hanya delapan meter. Namun dengan perpaduan warna tebing yang kuning, air berwarna hijau, dan tumbuhan di sekitarnya yang indah, menjadikan Curug Klenting Kuning memiliki pesona yang berbeda dibandingkan air terjun lain.

Bukan hanya pesonanya yang membuat Curug Klenting Kuning ramai dikunjungi wisatawan, tetapi juga karena akses jalan yang mudah dan tempat parkir memadai.

Fasilitas di salah satu objek wisata alam di Kabupaten Semarang ini juga cukup lengkap, seperti kamar ganti pakaian, musala, dan juga beberapa gubuk untuk menikmati indahnya pesona Curug Klenting Kuning.

Baca berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini.

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dekat Wisata Candi Gedong Songo

Di dekat Curug Klenting Kuning terdapat tiga curug lain. Curug terdekat dari Curug Klenting Kuning bernama Curug Klenting Biru. Sama dengan Klenting Kuning yang tebing batuannya berwarna kuning, namun ketinggian Curug Klenting Biru hanya empat meter.

Selain itu, masih ada Air Terjun Klenting Hijau yang berada agak di bawah, namun masih tertutup semak belukar dan tidak bertebing kuning seperti dua saudaranya. Terdapat juga Curug Klenting Merah yang juga masih tertutup semak belukar yang membuat pengunjung enggan menyambanginya.

Untuk mencapai salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Semarang ini, pengunjung yang datang dari arah Salatiga atau Kota Semarang dapat langsung belok ke arah Bandungan. Setiba di jalan menuju Candi Gedong Songo, terus saja ke arah Temanggung.

Setelah sampai di Terminal Sumowono, pengunjung cukup mengikuti jalan menuju Limbangan atau Boja. Setelah melewati Desa Bantir, pengunjunga akan tiba di Desa Kemawi dan ada papan penunjuk menuju Curug Klenting Kuning terlihat di sana.

Dengan harga tiket yang sangat murah, salah satu objek wisata itu sangat patut dikunjungi jika sedang berada di Kabupaten Semarang. Pemandangan yang idah rasa sangat pas untuk melepaskan beban pikiran kesibukan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.