Sukses

Napi Lapas Kedungpane Semarang Dapat Bekal Bikin Sandal Hotel

Sandal hotel yang dibuat napi Lapas Kedungpane, Semarang, nantinya akan memiliki ciri khas.

Liputan6.com, Semarang - Warga binaan Lapas Klas I Kedungpane, Semarang, Jawa Tengah, akan dilatih untuk membuat sandal hotel bekal mempersiapkan jiwa kewirausahaan jika nanti bebas.

Kepala Lapas Kedungpane Dadi Mulyadi mengatakan, sandal hotel menjadi salah satu pilihan yang memungkinkan melihat potensi pasar yang ada.

"Bayangan saya produksi sandal hotel, karena sektor perhotelan di wilayah Semarang saat ini sedang berkembang," katanya di Semarang, Kamis, 7 Juni 2018, dilansir Antara.

Menurut dia, warga binaan akan dilatih untuk membuat sandal hotel yang memiliki ciri khas dan beda dengan yang biasanya ada di pasaran. Pelatihan, lanjut dia, akan diberikan, utamanya kepada warga binaan yang akan segera bebas.

"Nantinya pelatihan ini bisa diterapkan oleh warga binaan setelah bebas," katanya.

Dalam upaya peningkatan kemandirian, lanjut dia, para warga binaan juga diajak untuk berkebun serta memelihara ikan yang hasilnya bisa dinikmati.

Ia juga menjelaskan saat ini sedang diuji coba menanam lombok di area sekitar lapas yang hasil panennya cukup lumayan banyak. Selain itu, kata dia, juga disebar 5.000 bibit lele di sejumlah kolam di sekitar kompleks Lapas Kedungpane Semarang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.