Sukses

3 Penyakit Metabolik Terbanyak Ditangani RS Siloam Manado

Masuk usia keenam di Manado, RS Siloam Manado mengembangkan standar pelayanan internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Siloam Manado sudah memasuki usia keenam tahun pada Jumat 1 Juni 2018. Enam tahun berkiprah, RS Siloam Manado telah banyak mengembangkan program pelayanan kesehatan dan sampai saat ini merupakan rumah sakit swasta tipe B di Provinsi Sulawesi Utara yang berstandar pelayanan secara internasional.

Agar semakin bermanfaat, khususnya bagi masyarakat di Sulawesi Utara, sejumlah layanan dan upaya dioptimalkan RS Siloam Manado melalui penanganan sejumlah penyakit metabolik.

"Kami mempersiapkan pengembangan program penanganan penyakit metabolic yang banyak diderita masyarakat di Manado dan sekitarnya. Program penanganan ini harus disosialisasikan mengingat pentingnya deteksi dini kesehatan," kata Direktur RS Siloam Manado, dr. Abraham Talumewo, MHSM dalam keterangan tertulis.

Dia menyebutkan, umumnya penyakit metabolik yang kerap ditemui pada masyarakat di Manado adalah penyakit diabetes, hipertensi, dan jantung.

"Itu semua disebabkan oleh pola hidup masyarakatnya. Perlu peningkatan sosialisasi masyarakat akan pentingnya pemeriksaan kesehatan sedini mungkin melalui Medical Check Up (MCU) dan high coaching," jelasnya.

Adapun seiring peningkatan pelayanan kesehatan, RS Siloam Manado turut memperhatikan dan peduli akan keadaan kesehatan masyarakat terpinggirkan dan masyarakat berkekurangan. Kepedulian tersebut dibuktikan dengan mengimplementasikan CSR (Customer Social Responsibility) sesuai beberapa kegiatan program per tahunnya.

Seperti halnya HUT keenam tahun kali ini yang diisi kegiatan bakti sosial pengobatan gratis. ”Puncak acara diselenggarakan secara sederhana untuk kalangan sendiri karena kami lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat dengan memberikan pengobatan gratis dan kepedulian yang sudah diselenggarakan minggu yang lalu di desa Tateli 2 Kecamatan Mandolang Minahasa," kata Diana Kawatu, Executive Director RS Siloam Manado.

Hal itu akan lebih bermanfaat dan merupakan bagian dari visi Siloam Hospitals Group. Sejak berkiprah hingga memasuki usia keenam tahun, berbagai fasilitas pelayanan kesehatan bertaraf internasional telah dilengkapi rumah sakit ini. Pelayanannya sendiri oleh 86 dokter spesialis dan sejumlah dokter umum serta 170 perawat profesional.

Pelayanan kesehatan tidak saja mencakup seluruh masyarakat di wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya, namun beberapa pasien dari provinsi sekitar kerap memanfaatkan layanan rumah sakit Siloam Manado, yaitu pasien pribadi, pasien asuransi, karyawan dari berbagai perusahaan hingga pemegang kartu BPJS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.