Sukses

Ayo Mudik dengan Kereta Terpanjang di Indonesia

Kereta api terpanjang ini untuk mengantisipasi kenaikan penumpang yang cukup tinggi.

Liputan6.com, Semarang - Ada yang berbeda dalam layanan transportasi kereta api Lebaran 2018. Kali ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang, Jawa Tengah, menyiapkan rangkaian kereta terpanjang. Kereta tersebut mencapai 16 gerbong, hal yang tak pernah ada sebelumnya.

Menurut Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, rangkaian terpanjang ini karena diprediksi kenaikan penumpang mencapai 4,6 persen atau 662.000 penumpang.

"Rute perjalanan kereta api Semarang menuju Jakarta. Kita juga siapkan peron tambahan di beberapa stasiun Daop 4 Semarang, salah satunya Stasiun Poncol," kata Suprapto, Rabu (6/5/2018).

Pada tahun ini, area tunggu Stasiun Tawang terlihat berbeda. Disediakan fasilitas arena bermain bagi anak-anak, sehingga dapat mengurangi rasa jenuh saat menunggu kereta api Lebaran 2018.

"Untuk keamanan, petugas ditambah menjadi 586 personel. Dibagi tiga, yakni yang bertugas di staisun, di dalam rangkaian kereta api, dan yang bertugas di sepanjang jalur kereta api," kata Suprapto.

Lonjakan penumpang kereta api Lebaran 2018 untuk arus kembali ke Jakarta, diperkirakan pada H+3 dan H+4 Lebaran. (Erlinda Puspita Wardani)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.