Sukses

Mudik Lebaran 2018, BIJB Kertajati Layani Penerbangan ke Surabaya

BIJB Kertajati Majalengka menyatakan siap melayani arus mudik Lebaran dan beroperasi pada 8 Juni 2018

Liputan6.com, Majalengka - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan penerbangan komersial perdana di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka pada 8 Juni 2018 mendatang.

Manajemen BIJB terus mempersiapkan diri menyambut arus mudik Lebaran 2018. Kepala Seksi Humas dan Dokumentasi PT BIJB, Aradea Adisudarma mengatakan saat ini tengah melakukan simulasi lanjutan.

"Simulasi lanjutan ini hasil dari masukan pada simulasi sebelumnya," ucap Aradea saat dikonfirmasi, Senin, 4 Juni 2018.

Dia menjelaskan, peserta simulasi adalah mahasiswa. Saat simulasi, penumpang melakukan check in, drop bagasi, boarding room hingga berangkat.

Dia menambahan, setelah itu peserta simulasi kembali memberikan feedback mengenai kekurangan di semua fasilitas dan layanan bandara.

Sementara itu, pada penerbangan komersial perdana, selama mudik Lebaran, BIJB Kertajati baru melayani rute ke Surabaya.

"Baru satu dulu ke Surabaya dan pesawat Citilink dan itu semua PP untuk rute yang lain masih menunggu kabar dari Kemenhub," ujar dia.

Pada mudik Lebaran 2018 ini, penerbangan melalui BIJB Kertajati baru satu kali dalam sehari. Aradea mengatakan, sesuai dengan penjelasan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, rute penerbangan lain seperti Medan, Balikpapan, Makassar, dan Bali akan secepatnya dibuka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2,6 Juta Penumpang

"Penerbangan komersial pertama ini memang bertujuan untuk melayani arus mudik tahun ini," sebut Aradea Adisudarma.

Kesiapan sarana dan prasarana untuk angkutan mudik 2018, PT BIJB sudah menyiapkan seluruh fasilitas bandara agar berjalan sesuai prosedur.

Terlebih untuk mendukung penerbangan komersial pertama yang akan dioperasikan pada 8 Juni 2018.

"Alhamdulilllah, sudah siap semuanya dari mulai sistem boarding hingga kesiapan infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya," ujarnya.

Di tengah persiapan melayani arus mudik Lebaran 2018, BIJB Kertajati Majalengka menargetkan 2,6 juta penumpang pada tahun ini. Dia memastikan secepatnya dibuka rute penerbangan lain melalui BIJB Kertajati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.