Sukses

Kapak Maut Wiro Sableng Segera Dilelang, Siapa Minat?

Pemenang lelang kapak mau Naga Geni 212 Wiro Sableng akan mendapatkan piagam khusus.

Madiun - Cerita Wiro Sableng terkenal di era 1990-an. Wiro Sableng yang menjadi tokoh utamanya, digambarkan sebagai sosok yang kocak namun sakti mandraguna.

Dia dibekali senjata pamungkas Kapak Naga Geni 212. Kapak tersebut berkepala dua bertuliskan angka 212. Pada ujung gagang kapak terdapat kepala naga dengan mulut terbuka.

Kapak Naga Geni 212 saat ini masih berada di tangan Ken Ken yang menjadi pemeran Wiro Sableng. Namun, pria bernama asli Herning Sukendro itu akan melelang kapak yang telah membantu melambungkan namanya tersebut.

Rencananya, lelang dilakukan dalam acara Wiro Sableng Peduli Lingkungan dan Jumpa Fans di Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim), pada 1 Juli 2018. Acara tersebut diprakarsai Aliansi Pedekar Siaga Kabupaten Tuban.

Selain Kapak Maut Naga Geni 212 yang terbuat dari perunggu, Ken Ken juga akan melelang sejumlah koleksi pribadinya. Yakni, sebuah lukisan bergambar Wiro Sableng.

Ketua Panitia Penyelenggara Lelang sekaligus Pengawas Pendekar Siaga Tuban Cipnal Muchlip menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ken Ken. Menurutnya, aktor asli Madiun itu telah setuju.

"Hasil lelang nanti sebagian akan dihibahkan untuk kegiatan sosial dan lingkungan," kata Cipnal kepada JawaPos.com, Selasa, 29 Mei 2018.

Secara teknis, peserta lelang mengisi blanko pendaftaran terlebih dahulu. Lelang dilakukan saat acara peduli lingkungan berlangsung. Pemenang lelang tidak hanya mendapat barang lelang, tetapi juga menyiapkan piagam khusus kepemilikan barang.

Piagam tersebut akan dibubuhi tanda tangan pemeran Wiro Sableng Ken Ken sehingga barang hasil lelang identitasnya sah dimiliki pemenang. Untuk harga lelang sendiri, panitia enggan buka suara.

"Soal harga, kami masih koordinasikan dengan beliau (Ken Ken). Karena kami harus mempertimbangkan banyak faktor. Yang pasti, ini barang langka dan bernilai tinggi," jelasnya.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Sosial

Cipnal mengapresiasi kepedulian Ken Ken terhadap sosial dan lingkungan dengan merelakan barang koleksinya untuk dilelang. Bahkan, sebagian hasilnya lelang akan disumbangkan untuk kepentingan masyarakat dan sosial.

"Ini teladan public figure yang perlu kami contoh dan dikembangkan. Bagi peserta yang mau ikut lelang, langsung datang saja. Ini tidak hanya untuk pendekar lintas organisasi silat. Tapi, kami juga memberikan kesempatan bagi masyarakat umum. Tentunya jumlah pendaftar kami batasi," tegasnya.

Dalam acara tersebut, bukan hanya Ken Ken yang akan memnyampaikan testimoni. Candi Satiro yang menjadi pemeran Batik Madrim dalam film Angling Dharma juga dijadwalkan hadir.

Acara itu rencananya dimulai pukul 09.00 WIB yang diawali dengan mengunjungi Goa Putri Asih. Pada siang hari, dilaksanakan penghijauan pohon asuh di Sumber Mata Air Kerawak. Usai penghijauan, kemudian digelar jumpa fans sekitar pukul 12.00 WIB.

Saat ini, segala keperluan sudah siap di Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah. "Saat jumpa fans inilah, proses lelang akan dilakukan," kata Cipnal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.