Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Cindy Adams, Wartawati Pemikat Hati Bung Karno

Top 3 berita hari ini, Bung Karno hanya mengatakan, Cindy Adams adalah sosok yang baik dan tulisannya sangat jujur.

Liputan6.com, Ende - Top 3 berita hari ini, Sukarno atau Bung Karno adalah sosok yang membuat para jurnalis geregetan ingin menulis riwayat hidupnya. Namun, tak ada satu pun jurnalis yang diizinkan untuk mewawancarainya. 

Lantas, apakah ada seorang wartawan yang berhasil mewawancarinya? Ada, dia adalah Cindy Adams. Sukarno mengaku tak ada alasan khusus mengizinkan jurnalis asal Amerika Serikat itu mewawancarainya ketika yang lainnya sangat susah.

Bung Karno hanya mengatakan, "Cindy adalah sosok yang baik dan tulisannya sangat jujur."

Saat wawancara terjadi, Cindy mengungkapkan ada satu pertanyaannya yang membuat Sang Putra Fajar itu tersipu.

"Kenapa Anda mengenakan peci? Apakah agar terlihat lebih tampan?" begitu tanya Cindy.

Lalu, apa jawaban Bung Karno?

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Cindy Adams Ungkap Pesan Penting Bung Karno ke Rakyat Indonesia, Apa Itu?

Soekarno dipercaya bisa menyembuhkan orang sakit. Dalam biografinya: Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Cindy Adams, Soekarno pernah didatangi petani untuk menyembuhkan anaknya yang sakit.(Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia)

Hampir semua referensi menyebut bahwa Pancasila itu lahir di Ende, buah permenungan Bung Karno saat masa pembuangannya selama empat tahun (14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938) di kota kecil itu.

Selama masa pembuangan, Sukarno bergumul dalam proses kristalisasi nilai-nilai Pancasila setelah berinteraksi dengan masyarakat jelata di tempat yang dilukiskan paling terbelakang jika dibandingkan dengan beberapa tempat pembuangan Sukarno yang lain.

Dilansir Antara, Kamis, 31 Mei 2018, seorang jurnalis asal Amerika Serikat berhasil menjadi orang pertama dan bisa dibilang satu-satunya wartawati yang berhasil mewawancarai Sukarno dengan sangat detail.

Tak hanya soal kenegaraan dan juga tetek bengek, tetapi juga menyerempet ke masalah pribadi. Siapa sosok wartawati tersebut?

Selengkapnya... 

2. Nasib 2 Pria Kebumen yang Nekat Naik Haji Bersepeda Ontel

Keluarga dan tetangga melepas keberangkatan dua pria Kebumen yang naik haji bersepeda ontel. (Foto: Liputan6.com/Facebook/Muhamad Ridlo)

Awal Mei 2018 lalu, jagat maya Kebumen, Jawa Tengah, dan sekitarnya dibikin heboh oleh kabar dua pria setengah baya yang nekat berangkat naik haji bersepeda ontel. Mereka bakal menempuh perjalanan ribuan kilometer ke Tanah Suci, Mekkah dan Madinah.

Apa kabar keduanya kini? Khudori dan Nurudin dikabarkan terhenti di Batam, Kepulauan Riau. Belakangan diketahui mereka gagal memperoleh visa. 

Mereka memulai perjalanan naik haji bersepeda ontel dengan mengayuh kendaraan angin ini dari Kebumen menuju Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selengkapnya...

3. Gemuruh Letusan Gunung Merapi Terdengar hingga Muntilan

Asap letusan gunung Merapi menjulang tinggi dilihat dari kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang yang berjarak 8 km dari Merapi. (foto: Liputan6.com/upik/edhie prayitno ige)

Gunung Merapi kembali meletus pada Jumat (1/6/2018) pukul 08.20 WIB. Data yang ada di BPPTKG, tinggi kolom abu letusan setinggi 6.000 meter di atas puncak. Atau sekitar 8.968 m dari atas permukaan laut.

Akibat letusan ini, sisi barat Gunung Merapi mengalami hujan abu.

Berdasarkan pengakuan warga, sebelum ada kolom asap yang terlihat jelas, terasa seperti ada gempa. Cukup keras getaran yang dirasakan, hingga jarak 20 kilometer dari puncak Merapi.

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.