Sukses

Jelang Lebaran, Tiket Kereta Api Tambahan dari Bandung Habis Terjual

Tiket kereta ekonomi tambahan untuk mudik Lebaran sudah penuh dengan tingkat keterisian mencapai 100 persen.

Liputan6.com, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Jawa Barat, mengklaim penjualan tiket kereta api tambahan telah mencapai 100 persen pada arus mudik Lebaran atau Idul Fitri nanti. Penjualan tiket yang tinggi mengingat banyaknya masyarakat melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus menuturkan, kereta tambahan untuk melayani arus mudik Lebaran tersebut terdiri dari dua rangkaian kereta ekonomi dan dua rangkaian kelas komersial.

"Untuk kereta ekonomi sudah penuh dengan okupansi (tingkat keterisian) mencapai 100 persen," ucap Joni kepada Liputan6.com, Jumat (1/6/2018).

Tapi, jangan khawatir. Meski tiket tambahan kelas ekonomi sudah terjual, Daop 2 masih menyediakan tiket KA tambahan untuk kelas eksekutif dan bisnis untuk mudik Lebaran nanti.

"Sedangkan untuk kereta tambahan kelas komersial masih tersedia tiket sekitar 25 persen lagi," ujarnya.

Joni menjelaskan, pihaknya menyediakan total 2.184 tempat duduk KA tambahan Lebaran yang dijual per harinya di Daop 2 Bandung selama masa angkutan Lebaran 2018.

Pemesanan tiket KA tambahan itu memang sudah dilakukan sejak 16 April 2018 yang lalu di semua saluran pemesanan tiket kereta api mulai dari aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website, dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

Joni berpesan agar masyarakat yang ingin mudik Lebaran benar-benar memanfaatkan KA tambahan mudik Lebaran ini. Karena untuk kereta api reguler, pada tanggal-tanggal favorit mulai H-3, rata-rata pemesanannya sudah mencapai 100 persen.

"Pada hari-hari mendekati Lebaran rata-rata pemesanan sudah mencapai 100 persen, namun pada hari-hari keberangkatan lainnya, masih banyak tiket yang tersedia. Kita berharap agar masyarakat mengatur keberangkatannya dengan matang. Masyarakat bisa membeli tiket mudik di luar hari-hari favorit,” jelas Joni.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Empat Kereta Tambahan

Berikut KA tambahan Lebaran yang berangkat dari Daop 2:

1. KA Lodaya Pagi Tambahan relasi Bandung-Yogyakarta-Solo, jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandung pada pukul 09.35 WIB, beroperasi selama 7 hari mulai tanggal 18 Juni hingga 24 Juni 2018.

2. KA Lodaya Malam Tambahan relasi Bandung-Yogyakarta-Solo, jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandung pada pukul 20.20 WIB, beroperasi selama 10 hari mulai tanggall 7 Juni hingga 16 Juni 2018.

3. KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong-Surabaya, jadwal keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pada pukul 06.45 WIB, beroperasi selama 18 hari mulai 8 Juni hingga 25 Juni 2018.

4. KA Kutojaya Selatan Tambahan relasi Kiaracondong-Kutoarjo, jadwal keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pada pukul 23.30 WIB, beroperasi selama 10 hari mulai 11 Juni hingga 20 Juni 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.