Sukses

Gembira Loka Zoo Berbenah Sambut Libur Lebaran

Kendati berbagai persiapan dilakukan menyambut Lebaran, manajemen Gembira Loka Zoo tidak menargetkan jumlah pengunjung selama masa libur Lebaran nanti.

Liputan6.com, Yogyakarta - Objek wisata Gembira Loka Zoo sebagai salah satu destinasi wisata utama di Yogyakarta mulai berbenah menghadapi libur Lebaran. Pembenahan mulai dari pengecatan ulang kandang, perbaikan beragam mesin, serta penyempurnaan berbagai fasilitas di dalamnya.

"Pada Lebaran nanti, pelayanan pengunjung kita optimalkan sebaik-baiknya," ucap Direktur Utama Gembira Loka Zoo (GL Zoo), KRT Joko Tirtono di Yogyakarta, Senin, 28 Mei 2018, diwartakan Antara.

Menurut Joko, menyambut libur Idul Fitri 1439 Hijriah nanti, Gembira Loka Zoo atau kebun binatang di Kota Yogyakarta itu juga menyiapkan fasilitas kursi roda, troli belanja, dan hiburan show burung di danau buatan Mayang Tirta.

Kendati berbagai persiapan dilakukan menyambut Lebaran, imbuh dia, manajemen GL Zoo tidak menargetkan jumlah pengunjung selama masa libur Lebaran nanti. Hal itu karena wisata sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Saat ini, Lebaran bukan seperti tahun-tahun lalu, tapi tren sekarang wisata sudah jadi suatu kebutuhan masyarakat. "Tak hanya saat Lebaran saja ramai pengunjung, tapi pada weekend hari Sabtu dan Minggu, tren pengunjung membaik. Ini positif bagi kami," ujar Joko.

Menyambut libur Lebaran, GL Zoo juga mengebut pembangunan Scracth Zone atau Zona Cakar yang terletak di sisi barat kebun binatang tersebut. Diharapkan, saat liburan Lebaran nanti, zona baru itu sudah bisa dinikmati pengunjung.

Kepala Bagian Perencanaan dan Pembangunan GL Zoo, Budi Yuwono mengatakan luas lahan proyek Zona Cakar ini mencapai 1,5 hektare, dengan biaya pembangunan Rp 5,5 miliar.

Pada Zona Cakar sisi barat Gembira Loka Zoo itu nantinya ditempati beragam jenis satwa pemakan daging, seperti beruang madu, macan tutul, kucing bulu emas, serta harimau. "Ada empat kandang nantinya. Kereta Transport Keliling (Taring) bagi pengunjung, nantinya juga melintas di zona baru ini," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.