Berburu Sinar Mentari Pagi di 3 Wisata Alam Bekasi Ini

pada 26 Mei 2018, 06:01 WIB
Wisata Alam

Bekasi - Sebagai kota industri, lahan di Bekasi hampir setengahnya menjadi pabrik, perkantoran, dan permukiman. Meski demikian, masih tersisa kawasan wisata alam yang indah sebagai tempat mengasingkan diri dari keramaian kota.

Kawasan wisata ini bisa anda datangi saat ngabuburit atau menjelang berbuka puasa. Berikut wisata alam di Bekasi ini yang bisa dikunjungi:

1. Curug Parigi

Objek wisata alam ini berupa air terjun yang terletak di perbatasan Bekasi dan Bogor. Waktu berkunjung yang tepat ke Curug Parigi yaitu ketika pagi atau sore. Berlainan dengan air terjun di pegunungan, cuaca di sini sangat panas ketika siang hari.

Air curug ini berasal dari aliran Kali Bekasi. Sebaiknya pilih waktu berkunjung di luar musim hujan, sebab ketika hujan debit air sungai akan meningkat dan arusnya cukup deras. Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini yaitu mandi, berfoto, atau sekadar duduk bersantai menikmati pemandangan sambil mengobrol. Bermain air di sekitar air terjun harus berhati-hati karena terdapat area yang airnya cukup dalam.

Karena belum dikelola secara maksimal, fasilitas yang memadai seperti toilet dan musala juga belum tersedia di Curug Parigi. Warung di sekitar lokasi hanya buka di hari libur dan akhir pekan sehingga lebih baik Anda membawa camilan dan minuman sendiri jika datang di hari biasa.

2. Situ Cibeureum

Situ Cibeureum merupakan danau yang terbentuk secara alami di tanah yang cekung. Danau ini berada di Desa Lambang Sari dan Lambang Jaya, Tambun Selatan, Bekasi. Di akhir pekan atau sore hari, danau seluas 38 hektare ini ramai dengan pengunjung.

Biasanya pengunjung yang datang menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di sekitar danau dan memancing. Ikan keting, tawes, gabus, dan mujair menjadi daya tarik bagi pemancing. Pemandangan danau ini sangat indah dengan gundukan tanah yang menyembul di tengah seperti pulau.

Anda juga bisa memanfaatkan trek di sekitar Situ Cibeureum  untuk bersepeda. Lintasan berupa tanah merah menjadi tantangan yang menarik untuk penggemar aksi gowes. Fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap seperti tempat parkir, saung bambu, toilet, dan kios souvenir. Warung makan juga sudah ada di pinggiran danau ini. Menu olahan ikan air tawar dan kelapa muda dapat menjadi pengisi perut yang lapar.

3. Pantai Mekar

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Pantai Mekar menjadi tempat singgah burung yang bermigrasi dari Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik. Pada bulan September hingga Februari Anda bisa menyaksikan fenomena alam unik ini. Pantai ini berjarak paling dekat dengan muara sungai dibandingkan pantai lain di sepanjang pesisir utara Bekasi.

Sebagian besar masyarakat di daerah ini berprofesi sebagai nelayan. Mereka bersedia menyewakan perahu dengan tarif Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per orang sekali jalan. Anda akan dibawa berkeliling dengan perahu di sekitar hutan mangrove yang dihuni oleh burung-burung dan monyet. Ada juga tempat menarik lain di tempat ini yaitu gazebo di tengah laut bernama Villa Joglo. Pondok dari bambu dan kayu dengan atap daun ini bisa digunakan untuk bersantai dan memancing.

Momen terbaik berkunjung ke tempat wisata alam di Bekasi terutama pantai adalah ketika matahari terbit atau tenggelam. Jika tidak ingin melewatkan waktu emas ini, sebaiknya Anda bermalam di hotel-hotel yang ada di Bekasi. 

Baca berita menarik lainnya dari JawaPos.com di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini: