Banjir Makanan Buka Puasa di Masjid Bukit Indah Sukajadi Batam

Oleh Batamnews.co.id pada 24 Mei 2018, 18:02 WIB
Diperbarui 13 Des 2018, 12:37 WIB
Buka Puasa di Masjid Bukit Indah Sukajadi Batam

Batam - Magrib merupakan waktu bahagia bagi umat muslim yang berpuasa. Lebih berbahagia lagi jika menu buka puasanya terbilang istimewa.

Selama bulan Ramadan, di Masjid Bukit Indah Sukajadi, Batam Kota, Batam, Kepulauan Riau, banjir makanan berbuka puasa. Tak tanggung-tanggung, setiap hari panitia buka puasa bisa menyediakan hingga 1.300 makanan.

Makanan tersebut dibagikan secara gratis di pekarangan masjid menjelang berbuka. Ketua Panitia Ramadan 1439 H Masjid Sukajadi, Agung Setiawan mengatakan, dari 1.300 makanan itu di antaranya 500 makanan pembuka dan 800 makanan pokoknya.

"Kalau iftar (makanan pembuka) seperti gorengan, kue, dan lainnya, sedangkan makanan pokok yaitu nasi dan lauknya," ujar Agung kepada Batamnews.co.id, Rabu, 24 Mei 2018.

Buka puasa bersama di Masjid Bukit Indah Sukajadi sudah menjadi tradisi sejak tahun 2011. Setiap tahunnya, jumlah makanan yang disediakan terus bertambah.

"Tahun pertama hanya 100 porsi, Alhamdulillah sampai sekarang sudah 800 lebih, ditambah 500 untuk makanan ringannya," kata Agung di sela melayani jamaah yang berdatangan.

Ribuan makanan buka puasa ini bisa terkumpul berkat sedekah yang diberikan warga setempat maupun jemaah tetap masjid Sukajadi. Pengumpulan dana sudah dimulai sejak 15 hari sebelum Ramadan. "Kadang ada tamu Jakarta datang mereka juga ikut menyumbang," ujarnya.

Satu hari panitia menghabiskan anggaran Rp 20 juta sehari, jadi selama bulan Ramadan total dana yang dikeluarkan untuk menyiapkan menu berbuka puasa bisa mencapai angka Rp 600 juta.

"Semuanya (dana) sudah terkumpul, jika ada yang masih menyumbang, kita akan tambah jumlah makanannya," kata Agung.

Meskipun memiliki anggaran yang cukup banyak. Panitia Ramadan Masjid Sukajadi tidak membeli makanan jadi, tetapi dimasak sendiri dengan mendirikan dapur umum.

"Kita undang tiga perusahaan catering, kemudian dipilih satu untuk masak di sini," ujarnya.

Agung menjelaskan, kalau memiliki dapur umum pihaknya bisa mengawasi kondisi makanan, baik segi halal, segarnya bahan yang digunakan dan lainnya. "Kalau masak di sini makanan yang disediakan juga lebih panas," katanya.

 

Baca berita menarik lainnya dari Batamnews.co.id

 

2 dari 2 halaman

Menu Mewah ala Restoran

Ilustrasi Masjid (Istimewa)
Ilustrasi Masjid (Istimewa)

Tidak seperti buka puasa di masjid kebanyakan. Masjid Bukit Indah Sukajadi menyediakan berbagai macam menu seperti di restoran. Satu hari terdapat lima menu makanan.

"Menu ada masakan Padang, masakan Jawa, masakan nasional lainnya, jadi orang bisa memilih sesuai dengan seleranya," katanya.

Buka puasa bersama ini berlangsung di pekarangan masjid. Disediakan tenda dan kursi untuk para pengunjung, kursi bagian perempuan dan laki-laki terpisah.

"Warga antusias sekali, karena mereka sudah tahu sejak awal. Selain itu, masjid ini juga berada di persimpangan jalan utama. Orang pulang kerja waktunya tidak cukup biasanya mampir di sini," ucapnya.

Tidak jarang kewalahan ketika jumlah orang yang datang melebihi jumlah makanan. "Karena memiliki dapur umum kita bisa langsung order," kata Agung sambil menunjukkan dapur umumnya.

Menurut Agung, yang terpenting tingkat kesadaran jamaah untuk bersedekah terus meningkat setiap tahunnya.

"Temanya memang melayani jamaah untuk menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan," katanya. Sebelum berbuka puasa, panitia juga mengikuti ceramah yang disampaikan ustaz.

Nah, bagi jemaah yang penasaran bagaimana nikmatnya berbuka puasa di Masjid Bukit Indah Sukjadi ini, lokasinya tak jauh dari Kompleks Khazanah Plaza, Sukajadi, Batam.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓