Jelang Lebaran Polisi Barelang Gelar Tes Urine Petugas Maskapai

Oleh Batamnews.co.id pada 24 Mei 2018, 21:00 WIB
Diperbarui 13 Des 2018, 12:33 WIB
Ilustrasi pilot

Batam - Tes urine pada H-7 Lebaran akan dilakukan kepada petugas di maskapai penerbangan yang ada di Bandara Hang Nadim, Kota Batam, Kepulauan Riau. Semua kru maskapai termasuk pilot akan diperiksa.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Hengki tak ingin kejadian tahun lalu terulang. Saat itu, penerbangan meningkat karena momen Lebaran. Seorang pilot terbukti positif mengonsumsi heroin.

"Saya sudah bilang ke Kasat Narkoba, terutama penerbangan udara, kita wanti-wanti sekali soal ini," ujar Hengki ketika menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu Kota Batam Tahun 1439 H, di Lantai Empat Kantor Pemerintah Kota Batam, Selasa, 22 Mei 2018.

Hengki mengatakan, tes urin itu akan dilaksanakan bekerja sama dengan BNN.

"Setiap mau terbang hal itu akan kita lakukan (tes urine), kita sudah koordinasi dengan BNN, bayangkan jika pilotnya mengonsumsi narkoba, resikonya sangat besar," ujarnya.

Begitu juga di pelabuhan. Momen Lebaran banyak dimanfaatkan oleh pihak tertentu. Salah satu pintu masuk narkoba adalah pelabuhan.

"Bayangkan jika mereka  berhasil membawa 25 kg narkoba sudah tujuh keturunan hasilnya itu, 1 kg saja sudah bisa Rp 2 miliar, jadi kita sangat antisipasi peredaran narkoba ini," katanya.

Tak hanya kepolisian, semua pihak menurut Hengki tidak boleh lengah. "Banyak modus sekarang, tutup kopi dengan teh dan lainnya. Jangan sampai terlena jika Lebaran narkoba banyak masuk," ucap Hengki.

Baca berita menarik lainnya dari Batamnews.co.id.

Saksikan video pilihan berikut ini: