Sukses

Kurangi Pemudik Bermotor, Kereta Api Bandung Siap Angkut Ribuan Sepeda Motor Gratis

Sebanyak 18.096 motor siap diangkut dalam perjalanan mudik Lebaran 2018 dengan menggunakan gerbong kereta api dalam program Angkutan Motor Gratis (Motis).

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 18.096 sepeda motor siap diangkut dalam perjalanan mudik Lebaran 2018 dengan menggunakan gerbong kereta api dalam program Angkutan Motor Gratis (Motis) Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Seluruh sepeda motor itu akan melakukan perjalanan mudik pada masa angkutan selama 13 hari, dimulai tanggal 8 Juni sampai dengan 25 Juni 2018.

Juru bicara PT Kereta Api Daerah Operasi (PT KA Daop) 2 Bandung Joni Martinus menjelaskan, pembukaan pendaftaran angkutan motor gratis itu telah dilakukan pada awal Februari lalu. Namun, kata Joni, penutupan pendaftarannya pada 24 Juni 2018 melalui situs www.mudikgratis.dephub.go.id.

"Untuk pendaftaran langsung sepeda motor, yaitu di stasiun yang ditunjuk dari 9 Februari sampai 9 Mei 2018 khusus fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan KA Ekonomi Non-PSO," kata Joni Martinus dalam keterangan tertulisnya di Bandung, Selasa, 22 Mei 2018.

Joni Martinus menyebutkan lokasi pendaftaran angkutan motor khusus fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan KA Ekonomi Non-PSO dilakukan di Stasiun Jakarta Kota, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Tangerang, Depok Baru, Bogor, Lemahabang, Pasar Senen, Tanjung Priok, Bandung, Serpong, Cimahi, dan Kiaracondong.

Namun, Joni menambahkan, pendaftaran dapat diperpanjang dari awal penjualan tiket KA tambahan sampai hari ke-30 penjualan tiket KA tambahan.

Untuk pendaftaran langsung sepeda motor yang tidak difasilitasi pemesanan tiket dilakukan pada 9 Mei sampai dengan 24 Juni 2018. Lokasi pendaftarannya di Stasiun Jakarta Kota, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Tangerang, Depok Baru, Bogor, Lemah Abang, Pasar Senen, Tanjung Priok, Bandung, Serpong, Cimahi, dan Stasiun Kiaracondong.

"Untuk yang ini difasilitasi penjualan tiket KA tambahan Lebaran sampai dengan H+30 dari awal penjualan tiket KA tambahan Lebaran," ujar Joni.

Sementara itu, untuk pendaftaran langsung motor di daerah, ditentukan tanggal yang sama, bertempat di stasiun persinggahan KA Motis.

Angkutan Motis di daerah terbagi menjadi tiga relasi, yaitu relasi pertama Lintas Utara (Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi (PP)). Relasi kedua Lintas Selatan 1 (Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kutoarjo (PP)) dan ketiga, Lintas Selatan 2 (Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Blitar (PP)).

PT KA Daop 2 Bandung menyebutkan total kapasitas tiket kereta bagi penumpang mudik yang mengikuti Angkutan Motis sebanyak 67.818 tempat duduk. Tiket kereta penumpang untuk angkutan motor gratis itu, tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan.

"Penyerahan bukti pemesanan tiket dilakukan pada saat peserta angkutan motor gratis menyerahkan motor," jelas Joni.

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Kereta Penumpang yang Mengangkut Motor

Berikut KA Penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motis di Daop 2 Bandung:

1. KA Progo (Pasarsenen – Yogyakarta)

2. KA Harina (Bandung – Surabaya Pasarturi)

3. KA Tawang Jaya (Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Semarang Poncol)

4. KA Kutojaya Utara Tambahan Lebaran (Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya - Kutoarjo)

5. KA Kertajaya Tambahan Lebaran (Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Semarang Tawang – Bojonegoro – Surabaya Pasar Turi)

6. KA Kutojaya Utara (Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya - Kutoarjo)

7. KA Kertajaya (Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Semarang Tawang – Bojonegoro – Surabaya Pasar Turi)

8. KA Serayu Pagi (Pasar Senen – Kroya – Purwokerto)

9. KA Serayu Malam (Pasar Senen – Kroya – Purwokerto)

10. KA Brantas (Pasar Senen – Semarang Tawang – Solo Jebres – Kediri/ Blitar)

11. KA Kahuripan (Kiaracondong – Tasik – Kroya – Solo Jebres – Madiun – Kertosono – Kediri)

12. KA Bengawan (Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kutoarjo – Lempuyangan – Purwosari)

13. KA Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Kota)

14. KA Pasundan Tambahan Lebaran (Kiaracondong – Surabaya Kota)

15. KA Kutojaya Selatan (Kiaracondong – Tasik – Kroya – Kutoarjo)

16. KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen – Purwokerto – Surabaya Gubeng)

17. KA Matarmaja Tambahan Lebaran (Pasar Senen – Semarang Tawang – Solo Jebres – Kediri - Blitar - Malang)

18. KA Matarmaja (Pasar Senen – Semarang Tawang – Solo Jebres – Kediri - Blitar - Malang)

Berdasarkan data terakhir pada 22 Mei 2018, sebanyak 1.286 motor tersebar di empat stasiun. Rincinya, sebanyak 362 motor dari Stasiun Cimahi, 104 motor dari Stasiun Bandung, dan 817 motor dari Stasiun Kiaracondong, serta tiga motor dari Stasiun Tasikmalaya mendaftar pada angkutan motor gratis mudik Lebaran 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.