Sukses

Tradisi Salat Tarawih Satu Juz di Masjid Seribu Tiang

Bagaimana rasanya salat tarawih dengan bacaan surat yang panjang-panjang? Coba salat di Masjid Seribu Tiang Jambi.

Liputan6.com, Jambi - Masjid Agung Al-Fallah Kota Jambi atau biasa disebut Masjid Seribu Tiang menggelar salat tarawih dengan bacaan satu juz dalam satu malam. Hal ini karena kebiasaan itu sudah menjadi tradisi di masjid agung tersebut.

Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesramas) Setda Provinsi Jambi, Amsyernedi, mengatakan pembacaan satu juz Alquran dalam bacaan salat tarawih sudah dilakukan sejak 20 tahun lalu dan satu-satunya masjid di Jambi yang memberlakukan satu juz satu malam.

"Itu sudah tradisi, Alhamdulillah tahun ini masih bisa dilaksanakan, malam ini tarawih juz lima," kata Amsyernedi, Minggu (20/5/2018), dilansir Antara.

Dia menjelaskan, imam untuk salat tarawih di masjid itu sebanyak enam orang. Dalam satu malam diimami dua imam untuk pembacaan ayat satu juz.

"Alhamdulillah jamaah selalu ramai, imam ada yang dari masjid tersebut dan ada yang disiapkan Pemprov Jambi," katanya menjelaskan.

Selain itu, kata Amsyernedi, di masjid kebanggaan masyarakat Jambi itu setiap malam selalu disediakan makanan berbuka puasa, siapa saja bisa menikmati hidangan yang disiapkan panitia.

Penyediaan makanan untuk berbuka puasa di masjid itu, katanya, dari sumbangan masyarakat dan instansi-instansi pemerintah.

"Ya mau nyumbang silahkan, nanti panitia masjid menyediakan makanannya. Setiap malam makanan untuk berbuka puasa tersedia," katanya lagi.

Masjid Seribu Tiang adalah masjid agung atau terbesar di Provinsi Jambi yang diresmikan pemakaiannya oleh Presiden Soeharto pada 1980. Masjid itu kini menjadi salah satu ikon wisata religi di provinsi itu.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.