Sukses

Berbuka dengan yang Manis, Bolu Peca Bugis Jadi Pilihan

Rasanya yang manis dan legit, bolu peca salah satu kuliner khas Bugis yang digemari sebagai takjil berbuka puasa.

Liputan6.com, Makassar Bolu peca merupakan salah satu kuliner khas Bugis yang masuk dalam daftar paling diminati masyarakat untuk menjadi menu takjil berbuka puasa. Rasanya yang sangat manis dan legit, bolu peca khas Bugis diyakini dapat memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa.

"Kalau berbuka kan kita carinya yang manis-manis biar tenaganya kembali pulih. Nah bolu peca itu salah satu yang wajib dikonsumsi ketika berbuka puasa. Rasanya sangat nikmat dan buat ketagihan," kata Daeng Rampe (45) warga Antang, Kecamatan Antang, Makassar, Sabtu (19/5/2018).

Selama Ramadan, jajanan bolu peca khas Bugis ini sangat laris. Meski, harganya sedikit mahal dibanding dengan jajanan kuliner khas Bugis lainnya seperti kue pisang barongko, jalangkote, es pallubutung dan pisang ijo.

"Satu iris bolu peca itu harganya dibanderol hingga Rp 5000. Tapi paling laris jadi takjil berbuka," Rampe menjelaskan.

Akan tetapi, kata Rampe, yang ingin membuat sendiri di rumahnya, cukup menyediakan bahan-bahan yang bisa dibeli langsung di pasar tradisional.

"Bahan buat bolu peca Bugis sangat mudah didapat. Banyak dijual di pasar tradisional," tutur Rampe.

 Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep Membuat Bolu Peca

Berikut resep dan cara membuat bolu peca khas Bugis.

Bahan untuk bolu:

1/2 sdt soda kue

3 butir telur ayam

4 sendok makan tepung beras putih

 

Bahan untuk gula:

1/2 sendok teh garam dapur

1 gelas air

1/2 sendok teh vanili

3/4 gula merah

 

Ketika semua bahan sudah tersedia, maka langkah pertama membuat adonan bolu peca dengan cara mengocok telur bersama campuran soda kue hingga benar-benar tampak mengembang. Kemudian masukkan tepung beras yang sudah disangrai ke dalam adonan tadi.

Langkah berikutnya, memasukkan adonan bolu kedalam loyang pembuatan kue bolu yang telah diolesi dengan mentega. Kemudian dikukus sekitar 20 menit hingga bolu benar-benar matang.

Sembari menunggu pengukusan adonan bolu tadi, langkah berikutnya menyiapkan panci untuk digunakan mencampurkan air, gula merah, vanili dan garam. Seluruh campuran tadi lalu dididihkan hingga gula merahnya mencair dan larut.

Setelah gula merah betul-betul telah larut, kemudian dilakukan penyaringan hingga tak ada ampas yang ikut.

Adonan bolu yang sudah matang melalu proses kukus tadi kemudian diangkat lalu dipotong-potong sesuai selera. Kemudian celup bolu kedalam air gula merah yang sudah dididihkan sebelumnya sampai warna bolu menjadi kecoklatan. lakukan berulang-ulang sampai semua bolu yang sudah dipotong-potong tadi dicelup kedalam air rebusan gula merah. Silahkan sajikan bersama teh hangat atau kopi hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.